in

Ketika Darwati Meracik Bumbu Lokan Pulau Kayu, Abdya

ACEHTREND. CO, Abdya – Tangan Darwati A Gani bagai menari kala merebus lokan, meracik bumbu, dan memasaknya di dapur.

Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan cabe rawit dibuatnya jadi bumbu yang halus. Dengan tangannya, bumbu itu lalu di aduk dengan isi lokan yang awalnya sudah direbus lebih dahulu agar mudah dikeluarkan.

Darwati tidak sendiri, bersama ibu-ibu yang lain, mereka mempersiapkan makan siang. “Habis makan siang kami ke Babah Rot, sekitar 25 km dari sini, dan jam 5 nanti ada pertemuan di pasantren,” katanya.

Tangannya kembali menari, diambilnya racikan bawang merah, daun kari dan daun serei, dan menumisnya. Aroma wangipun menyebar ke mana-mana. Lokan yang sudah diaduk rata dengan bumbupun dimasukkan, dan kemudian ia menuangkan santan.

Sambil menunggu matang, tangan anggota DPRA itu sesekali mengaduk agar santan tidak mengeras. Ia terllihat menghirup wangi sedap masakan tradisi Abdya dan umumnya warga di pantai barat selatan, Aceh.

Darwati A Gani memang rajin melakukan kunjungan, dan itu tidak terbatas di wilayah pemilihannya saja. “Saya senang berkunjung dan bersilahturahmi, jadi banyak tahu apa yang dibutuhkan warga, dan ini penting sekali bagi saya dalam menjalankan tugas, jika sedang di daerah non dapil, saya bisa buat perbandingan dan menemukan inspirasi baru, ” katanya, Selasa (22/11).

Dalam kunjungan silahturahmi, Darwati juga bersosialisasi dengan warga untuk memperkenalkan sosok, visi dan misi serta program kerja pasangan Irwandi – Nova yang dalam Pilkada bernomor urut 6.

“Tapi, saya lebih senang mendengar masukan dari warga agar bisa disampaikan langsung kepada Irwandi-Nova, ” tambah istri Irwandi Yusuf ini yang tiba di Abdya, Senin (21/11) malam bersama istri Muhyan Yunan, Cut Hasniar.

Kepada aceHTrend ia berkata, politik yang indah itu seperti kerja membuat bumbu, tanpa keterlibatan banyak pihak, maka politik jadi hambar. “Perempuan ternyata akrab dengan pelajaran-pelajaran politik yang baik, mengharumkan, sekaligus nikmat untuk semua, salah satunya ada di memasak, ” bisiknya sambil tersenyum. []

Komentar

What do you think?

Written by virgo

DKI Tak akan Ubah Besaran UMP 2017

Cegah Terorisme, BNPT dan FKPT Aceh Gelar Dialog Dengan Tokoh Masyarakat