in

Kiat hemat BBM saat mudik, hindari beban berlebih

Palembang (ANTARA) – Menghindari beban berlebihan yang dibawa dalam kendaraan saat mudik merupakan salah satu kiat untuk menghemat bahan bakar saat mudik Lebaran 2023 mendatang.

Namun kebiasaan membawa barang banyak saat mudik kadang sulit dihindari untuk oleh-oleh kerabat di kampung halaman. Itu sebuah pengecualian, namun beban lebih ringan atau normal jauh memberikan kenyamanan saat mudik.

Membawa barang yang tidak perlu bisa dihindari, dan melakukan pemeriksaan berat maksimal mobil sebelum membawa barang bawaan.

Mudik memberikan tantangan tersendiri, karena biasanya jaraknya lebih jauh, dan di perjalanan juga cukup banyak pemudik lainnya yang terkadang harus antre saat di jalan,  SPBU atau di titik-titik rawan lainnya.

Kondisi kendaraan yang siap dan prima merupakan keharusan dan perlu disiapkan jauh hari sebelum mudik.

Mobil dalam keadaan prima juga dapat berpengaruh dan bisa menghemat bahan bakar.

Beberapa hal yang perlu di cek antara lain oli, filter udara, tekanan angin pada ban dan lainnya, termasuk mengecek kondisi mesin.

Cara mengemudi juga berpengaruh pada penghematan BBM. Cara mengendara yang baik dan tidak ugal-ugalan justeru bisa menghemat BBM, juga menghindari hal yang tidak diinginkan di perjalanan.

Penggunaan jenis BBM yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraan juga menentukan efektifitas pembakaran kendaraan yang berimbas hemat BBM.

Mencampur BBM dengan jenis yang berbeda perlu dihindari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim CdM lakukan simulasi demi kelancaran kontingen pada SEA Games 2023

PSM di Ambang Juara, Bungkam Madura United 3-1