in

Kim Jong-un Pimpin Langsung Peluncuran Rudal Korut

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan memimpin langsung peluncuran peluru kendali yang tiga di antaranya memasuki zona ekonomi eksklusif Jepang. Menurut kantor berita pemerintah Korut KCNA, Selasa (7/3), uji coba rudal ini adalah latihan unit artileri Hwasong. Seperti dikutip CNN, Unit ini adalah bagian dari pasukan strategis yang “ditugaskan untuk menyerang markas-markas agresor imperialis AS di kontingensi Jepang.”

Otoritas militer di Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat semua mengonfirmasi peluncuran empat proyektil Pyongyang yang sempat mengudara sejauh 1.000 kilometer ke Laut Jepang atau Laut Timur. Salah seorang pejabat AS mengatakan rudal-rudal itu berjarak menengah. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan tiga dari empat rudal itu jatuh di wilayahnya. Menurut dia, peluncuran tersebut jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Seorang diplomat DK PBB mengatakan Amerika Serikat dan Jepang telah meminta pihaknya mengadakan pertemuan terkait peluncuran rudal Korut terbaru ini. Pertemuan itu kemungkinan akan diadakan besok. Saat ini, kebanyakan anggota dewan sedang dalam perjalanan ke Afrika. Ini bukan kali pertama Korea Utara meluncurkan rudal dengan jarak 1.000 kilometer. September 2016 lalu, Korut meluncurkan tiga rudal balistik yang sempat menempuh jarak sejauh itu, mendarat di zona identifikasi pertahanan udara Jepang, memancing respons keras dari negara tetangganya itu.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD Terbaru

Buka KTT IORA, Jokowi Curhat Revolusi Politik Sampai Medsos