in

Kios Keripik Terbakar, Sopir Bus Bunyikan Klakson

* Kebun Warga di Lampoh Daya Dilalap Api

BIREUEN – Dua musibah kebakaran terjadi di Aceh pada Rabu (6/1/2021) kemarin. Satu unit kios berkonstruksi kayu ukuran 4×6 meter, yang berada di pinggir Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, kawasan Desa Gatot, Peudada, Bireuen ludes terbakar sekitar pukul 03.00 WIB. Uniknya, kebakaran kios itu diketahui warga setelah bus antarprovinsi yang melintas di kawasan itu membunyikan klaksonnya untuk membangunkan masyarakat. Sedangkan di Banda Aceh, kebun warga di Gampong Lampoh Daya, Kecamatan Jaya Baru, diamuk ‘si jago merah’ pada Rabu siang sekitar pukul 11.15 WIB.

Informasi yang dihimpun Prohaba mengungkapkan, kios untuk menjual keripik tersebut milik Agus Mulyadi (39), warga Desa Calok, Peudada dan berjarak sekitar 2 kilometer (Km) arah barat rumahnya. Awalnya, kios itu sebagai tempat jualan bakso dan sedang direhab serta dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menjadi tempat penjualan keripik pisang.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH, SIK, MSi melalui Kapolsek Peudada, Iptu Mukhlis, SE yang didampingi Kanit III SPKT Polsek Peudada, Bripka Irwan, kepada Prohaba mengatakan, kios tersebut sedang dipersiapkan pemiliknya untuk tempat jualan keripik pisang.

Sebelum kebakaran terjadi, jelas Kapolsek, pemiliknya pada Selasa (5/1/2021) sekira pukul 23.00 WIB, membawa sejumlah peralatan ke kios tersebut.

Sekitar pukul 03.00 WIB, bus angkutan umum yang melintas di jalan nasional kawasan itu melihat kios tersebut sedang terbakar. Sontak, sopir bus membunyikan klakson memberitahu warga setempat bahwa sedang terjadi kebakaran. Puluhan warga pun kemudian keluar dan melihat kios tersebut sedang terbakar. Warga segera membantu sebisa mungkin dan menghubungi Polsek Peudada dan selanjutnya meminta bantuan pemadam kebakaran (damkar). Beberapa saat kemudian, mobil damkar dari Bireuen tiba di lokasi, namun kios sudah duluan ludes terbakar, sehingga tidak ada peralatan yang berhasil diselamatkan.

Kapolsek Peudada, Iptu Mukhlis, SE mengungkapkan, sumber api yang menyebabkan tempat usaha penjualan keripik pisang itu terbakar belum diketahui pasti. “Ada kemungkinan sumber api dari korslet listrik, tapi kepastiannya harus menunggu hasil penyelidikan lebih dulu,” tukasnya. Saat ini, lokasi kebakaran sudah dipasang police line dan musibah itu sedang diselidiki anggota Polsek Peudada.

Kebun terbakar

Sementara itu, pembakaran sampah yang tidak diawasi menyebabkan terjadinya kebakaran kebun di Gampong Lampoh Daya, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Rabu (6/1/2021) sekitar pukul 11.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kejadian itu cukup menimbulkan kepanikan warga, terutama yang rumahnya berada di sekitar kebun tersebut. Trelebih lagi, lokasi kebun yang terbakar itu dekat dengan permukiman warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Drs Rizha, MM mengatakan, kebakaran kebun warga itu terjadi di Jalan Tgk Abdurrahman Meucab, Lorong Mona, Gampong Lampoh Daya. “Informasi yang dihimpun oleh petugas dari warga setempat menyebutkan, mereka melihat ada pekerja kebun yang melakukan pembersihan. Lalu membakar sampah,” kata Rizha.

Sampah-sampah berupa ranting dan dedaunan yang kering dan tersulut api tersebut selanjutnya menjalar dengan cepat, karena secara tiba-tiba angin bertiup kencang. Di samping itu, tambah Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi SH, saat sampah tersebut dibakar, para pekerja di kebun itu tidak mengontrolnya lagi.

“Pekerja kebun yang sebelumnya membakar sampah menjadi panik dan meminta bantuan masyarakat setempat untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran,” sebut Yudi.

Warga lantas menghubungi pemadam kebakaran ke nomor darurat di 0651-113, sekitar pukul 11.15 WIB. Petugas yang mendapat informasi itu langsung bergerak ke lokasi dan mengerahkan satu armada pemadam dari posko induk. “Alhamdulillah, sekitar pukul 11.30 WIB, api mampu dipadamkan. Selanjutnya, dilakukan pendinginan sebelum armada pemadam kembali ke pos, sekitar pukul 11.45 WIB,” terang Yudi. “Pada saat pemadaman, petugas juga turut dibantu personel Polsek Jaya Baru dan Koramil setempat,” pungkas Yudi.(yus/mir)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Misi Luar Angkasa 2021 Siap Ungkap Misteri Alam Semesta

Polres Galus Amankan 6 Tersangka Kasus Ganja, Tiga Pelaku juga Tersangkut Kasus Pidana Lain