in

Kirgistan vs Indonesia, Bakal Maksimal Meski Dalam Keterbatasan

RIZKY RIDHO (kiri), INDRA SJAFRI (tengah), dan EGY MAULANA
VIKRI (kanan).(PSSI)

Belum apa-apa pelatih tim nasional Indonesia Indra Sjafri sudah pusing tujuh keliling. Sebab, H-2 jelang pertandingan perdana fase grup F Asian Games Hangzhou 2022, Indra mendapat kabar buruk. Penyerang andalannya, Ramadhan Sananta, tidak dilepas oleh klubnya, Persis Solo.

Sananta awalnya dilepas Persis. Namun, pada Minggu (17/9) malam, manajemen Persis memohon maaf kepada timnas bahwa Sananta tidak bisa dilepas. Laskar Sambernyawa –julukan Persis– punya alasan sangat kuat.

Tiga penyerang Persis sedang absen. Irfan Jauhari sedang menepi karena berkutat dengan cedera ACL saat memperkuat timnas Indonesia di ajang AFF Cup U-23. Arkhan Kaka sedang berada di Jerman untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-17.

Lalu, striker asing Fernando Rodriguez sedang pulang kampung ke Spanyol karena ada keperluan keluarga. Sebenarnya Persis masih punya David Gonzales alias Roni. Namun, hanya punya satu penyerang murni saat mengarungi Liga 1 yang superketat sangat berisiko bagi Laskar Sambernyawa.

Indra mengungkapkan, awalnya Persis berkomitmen melepas Sananta. Dengan catatan, penyerang yang mendapat sebutan Prince of Manahan karena selalu mencetak gol setiap Persis bermain di Stadion Manahan itu harus memperkuat tim saat melakoni derbi Jawa Tengah kontra PSIS Semarang.

Indra menyetujui hal tersebut. Karena itu, top scorer SEA Games Kamboja 2023 (5 gol) tersebut berangkat ke Hangzhou menyusul pada 18 September dini hari.

“Tapi, tiba-tiba Sananta tidak dibolehkan berangkat ke Tiongkok. Padahal, ID card sudah diterbitkan panitia Asian Games. Tiket keberangkatan ke Hangzhou juga sudah disiapkan untuk semua pemain yang menyusul pada 18 September dini hari pukul 00.15 WIB,” tutur mantan pelatih Bali United itu.

Indra sangat membutuhkan tenaga Sananta. Apalagi, mantan penyerang PSM Makassar itu sedang on fire. Di level klub, Sananta mencetak satu di antara dua gol kemenangan Laskar Sambernyawa atas PSIS Semarang (16/9). Lalu, di level timnas, gol terbaru Sananta tercipta dalam laga melawan Taiwan di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar (9/9).

Tapi, Indra tidak bisa berbuat apa-apa. Dia harus memaksimalkan skuad yang ada. Termasuk saat Indonesia bertemu Kirgistan dalam laga perdana fase grup F Asian Games Hangzhou 2022 malam ini di Zhejiang Normal University East Stadium (live RCTI pukul 18.30 WIB).

Dalam pertandingan malam ini, bukan hanya Sananta yang dipastikan tidak main. Indra juga tidak bisa memainkan Beckham Putra Nugraha dan Kadek Arel. Beckham masih cedera. Lalu, Kadek sakit. Keduanya belum berangkat ke Hangzhou.

“Sehingga, pemain yang siap dan sudah ada di Hangzhou berjumlah 19 nama. Semua dinamika yang terjadi di dalam negeri biarlah menjadi masalah internal kami,” tegasnya.

“Saya dan tim akan fokus menghadapi Asian Games dengan semua pemain yang ada di sini,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Pelatih yang sukses mengantarkan Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 Kamboja itu mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat. Indra berjanji akan memberikan perlawanan maksimal meski berada dalam keterbatasan. “Mohon doa buat kami,” ungkapnya.

Gelandang timnas Indonesia Syahrian Abimanyu akan berusaha memberikan kemenangan saat timnya berjumpa Kirgistan. Menurut pemain asal Persija Jakarta itu, laga perdana tidak pernah mudah. “Karena itu, kami harus lebih kompak. Kami harus bisa memberikan yang terbaik supaya menang pada laga perdana nanti,” ucapnya. (fiq/c17/ali/jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hari Ini Laman Guru Kota Padang Hadir di Padek, Wadah Untuk Mengasah Gagasan dan Bakat

DK SEVENTEEN resmi dinobatkan sebagai duta global baru Bally