in

Kolom Letusan Gunung Marapi Setinggi 3.000 Meter, Ini Rekomendasi PVMBG

PADEK.JAWAPOS.COM-Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat erupsi pada Minggu (3/12/2023) pukul 14.53 WIB.

Masyarakat yang berada di sekitar gunung mendengar suara dentuman keras. Bahkan pantauan di lapangan, hujan abu terlihat sampai ke jalanan kota wisata, Bukittinggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan, tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 meter di atas puncak gunung yang memiliki ketinggian 5.891 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kolom letusan atau awan erupsi adalah awan abu, tefra dan gas vulkanik yang terbentuk naik selama letusan gunung berapi yang eksplosif.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” ujar PVMBG dalam laporannya yang ditulis Pemantau Gunung Api Marapi Ahmad Rifandi.

Untuk itu, PVMBG Kementerian ESDM merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung atau wisatawan menjauhi radius 3 km dari kawah gunung. “Tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah/ puncak gunung tersebut,” kata Ahmad.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bayern Munchen Puji Timnas Jerman U-17 Cetak Sejarah Juara Piala Dunia U-17

Nevi Evaluasi Kinerja, Tantangan dan Upaya Diversifikasi Bio Farma