in

Komisi Eropa Galang Dana USD8,07 Miliar untuk Vaksin Covid-19

LONDON – Para pemimpin dunia menjanjikan dana 7,4 mi­liar euro atau senilai 8,07 miliar dollar AS (USD) untuk men­danai pengembangan vaksin virus korona dan pengobatan Covid-19. Dana itu terkumpul hanya dalam waktu tiga jam saat berlangsung Konferensi In­ternasional Penggalangan Glo­bal melawan virus korona yang diprakarsai Komisi Eropa, Senin (4/5), waktu setempat.

Konferensi “Coronavirus Global Response” itu digelar di platform online dan dipimpin langsung oleh Presiden Komi­si Eropa, Ursula von der Leyen. Bertindak sebagai panitia, an­tara lain Jerman, Norwegia, Prancis, Italia, Jepang, dan Saudi Arabia. Berbagai negara dan or­ganisasi internasional hadir, ke­cuali AS, Tiongkok, dan Russia.

Namun, Tiongkok mengisya­ratkan keinginan berkontribusi dan mengirim duta besarnya di Uni Eropa berpartisipasi da­lam konferensi. Negara-negara yang sudah menyatakan akan menyumbang dana, antara lain Norwegia 1 miliar euro, dituju­kan kepada Global Alliance for Vaccines and Immunizations (GAVI), Kanada sebesar 850 juta dollar, yang diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau, Jepang 800 juta dollar, Jerman 525 juta euro yang di­umumkan oleh Kanselir Angela Merkel, Prancis 500 juta euro, diumumkan oleh Presiden Em­manuel Macron, Inggris 388 juta poundsterling, diumumkan PM Boris Johnson, Belanda 192 juta euro, Italia 100 miliar euro, dan Swiss 378 juta euro.

Ursula von der Leyen me­ngatakan prakarsa mengum­pulkan dana dari pemerintahan maupun dari individu di selu­ruh dunia, bukan hanya mem­bantu mengembangkan vaksin dan perawatan Covid-19, me­lainkan juga memastikan vaksin dan obat tersedia secara univer­sal dengan harga terjangkau.

Dia menerangkan dana awal ini akan membantu memulai kerja sama global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, dia juga menegaskan masih perlu dana jauh lebih ba­nyak lagi dalam beberapa bulan mendatang. Dia mengumum­kan sumbangan individu yang masuk Senin (4/5) antaralain dari bintang pop, Madonna, yang menyumbang 1 juta euro.

“Lari cepat ini awal yang baik untuk maraton kami,” kata Ursula von der Leyen usai sesi konferensi selama tiga jam, yang menampilkan para pemimpin dunia dengan kontribusinya. Uni Eropa membuka sesi peng­umpulan dana dengan kontri­busi 1 miliar euro sebagai upaya bersama yang menegaskan kon­tribusi negara anggota UE.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan AS tidak ikut serta dalam konferensi itu karena su­dah menjadi “pemimpin glo­bal dalam bantuan luar negeri Covid-19”, namun menyatakan menyambut baik prakarsa ini. AFP/P-4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Belajar Bermain Golf

Didi Kempot Salurkan Donasi Sobat Ambyar Peduli COVID-19 Rp 2 M Melalui LazisNU