in

Komitmen Blibli.com dalam Meningkatkan Kapabilitas Usaha Kreatif Tanah Air Melalui The Big Start Season 4

JAKARTA, 19 Juni 2019 – Untuk keempat kalinya menyelenggarakan The Big Start (TBS), yang merupakan sebuah ajang kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda, yang bertemakan “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”. Didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Universitas Prasetiya Mulya, The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar. Ajang ini membuka kesempatan bagi para creativepreneur muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar, selain mendapatkankesempatan untuk mengikuti ajang pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.

Para creativepreneur sudah bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di kompetisi lewat situs thebigstart.blibli.com hingga batas akhir di bulan Agustus 2019. Para creativepreneur juga dapat mendaftarkan diri di roadshow The Big Start yang akan berlangsung di Bandung (12-14 Juli), Yogyakarta (19-21 Juli) dan Surabaya (2-4 Agustus).

Kompetisi TBS merupakan wujud komitmen jangka panjang Blibli.com dalam mendukung program pemerintah Indonesia untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif yang secara teknis merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan pada survei Kementerian Perindustrian, sektor UMKM telah menyumbang sekitar 60,3% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Namun, UMKM di Indonesia menghadapi tujuh tantangan yang menghambat mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Ketujuh tantangan ini adalah pasar, pendanaan, jaringan, technological system, pengetahuan bisnis, kehadiran online, serta kreativitas dan inovasi.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan, “Besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia menunjukkan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional. Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar.”

Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka menjawab tantangan-tantangantersebut melalui dua inisiatif, yaitu kompetisi TBS sebagai titik awal mencari creativepreneur dengan usaha menjanjikan. Kemudian, Galeri Indonesia, kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com, akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.

“Kami akan mengusung pendekatan pemasaran terkini, yaitu Marketing 4.0, pada kedua inisiatif ini. Marketing 4.0 mengutamakan kolaborasi, jaringan, serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital. Hal ini sangat cocok bagi Blibli.com dan para creativepreneur karena melalui TBS dan Galeri Indonesia, kami akan membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digitalhingga jaringan dengan pasar lokal dan internasional. Tujuan akhirnya adalah memberi creativepreneur modal kemampuan untuk melayani pasar yang mereka tuju” tambah Andy.

Ajang kompetisi TBS tahun ini akan fokus pada 4 kategori utama, yaitufashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com akan menggandeng empat pakar pada bidangnya untuk menjadi juri. Juri-juri tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Geoffrey L. Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, mengatakan, “Tidak berhenti di situ, para peserta juga mendapat kesempatan menampilkan produk-produk usaha kreatifnya di Galeri Indonesia, yaitu kategori khusus di dalam platform Blibli.com bagi brand atau produk asli buatan Indonesia yang mencakup produk makanan, kesehatan & kecantikan, fashion moda, dunia muslim, rumah dan dekorasi, serta seni dan kerajinan.”

Hingga kuartal I 2019, kategori produk UMKM Galeri Indonesia telah bertumbuh 6x lipat, didukung dengan pertumbuhan mitra UMKM Galeri Indonesia 2x lipat.

Melalui berbagai inisiatif dan pelatihan dalam program TBS maupun Galeri Indonesia, Blibli.com percaya dapat memfasilitasi dan mengembangkan usaha-usaha kreatif yang dihasilkan para creativepreneur muda Indonesia.

Program TBS Season 4 ini juga didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), BEKRAF Bank Central Asia (BCA), AXAIndonesia, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Siap Bersaing, Kafilah Bukittinggi Masuk Final

Seluruh Bidang Tanah di Gresik Bersertifikat pada 2024