in

KPU OKU temukan 3.006 surat suara rusak

Baturaja (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menemukan ribuan surat suara Pemilu 2024 yang mengalami kerusakan.

Ketua KPU OKU Ade Satria Dwi Putra di Baturaja, Senin mengungkapkan secara rinci surat suara yang rusak terdiri atas surat suara Pilpres sebanyak 593 lembar, DPR RI 433 lembar, DPD RI 1.059 lembar, DPRD Provinsi 453 lembar, dan DPRD kabupaten/kota sebanyak 468 lembar.

“Secara keseluruhan ada 3.006 lembar surat suara yang rusak,” kata Ade.

Kerusakan pada surat suara seperti sobek dan ada bercak hitam di tempat yang akan dicoblos.

Terkait hal itu, pihaknya telah melaporkan kerusakan surat suara kepada pihak terkait untuk segera diganti baru.

“Sudah kami laporkan untuk diganti baru sesuai kebutuhan,” katanya.

Dikatakan Ade, di Kabupaten OKU sendiri membutuhkan surat suara sebanyak 275.881 sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

“Saat ini kami juga masih menunggu surat suara yang masih belum dikirim ke Kabupaten OKU dengan jumlah sebanyak 761 lembar,” ujarnya.

Dengan begitu, KPU OKU masih menunggu sebanyak 3.767 surat suara, termasuk pengganti yang rusak untuk kemudian didistribusikan ke setiap tempat pemungutan suara (tps) di wilayah itu.

“Pendistribusian surat suara dilakukan lima hari sebelum pencoblosan ke seluruh tps yang ada di Kabupaten OKU,” ujar dia.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Aktivitas sekolah di Muratara terganggu bahkan terhenti akibat banjir

Rumah Dimasuki Pencuri, Rahmat  Lapor Polisi