in

Kunjungi 10 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Populer Dikunjungi

Ada banyak tempat nongkrong di Semarang, baik itu yang berbentuk cafe tenda, warung lesehan, rumah makan, atau restoran mewah. Semuanya adalah spot menarik dan menjadi lokasi nongkrong yang nyaman sambil menikmati kuliner ada.

Jika Anda sedang melakukan perjalanan di Semarang, ketahuilah bahwa suasana kota Semarang saat malam hari terasa cocok untuk melakukan hang out yang nyaman.

Dari sore hari sampai menjelang tengah malam, orang-orang dari berbagai kalangan berkumpul di sejumlah tempat untuk makan-makan atau sekedar ngobrol menghabiskan waktu santai. Secara umum, kegiatan ini lebih banyak didominasi oleh anak-anak muda.

Tempat Nongkrong di Semarang

Ada banyak tempat nongkrong di Semarang, terutama yang buka saat malam hari. Hal ini tidak berbeda dengan kebanyakan kota-kota lain di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat nongkrong paling populer di Semarang.

1. Taman Srigunting

Taman adalah spot yang pas untuk nongkrong. Tidak hanya anak muda, tapi juga terbuka untuk semua level usia. Begitu juga dengan Taman Srigunting. Taman yang terletak bersebelahan dengan Gereja Blenduk di Kawasan Kota Lama ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Anak-anak, remaja, orang tua, terlihat tumpah ruah memenuhi taman yang asri dan bersih dengan pepohonannya yang rindang.

Taman Srigunting, salah satu ruang terbuka hijau di Semarang via lostinparadise.web.id

Biasanya Taman Srigunting dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bersantai setelah seharian berkeliling menikmati sejumlah tempat wisata di Semarang. Terdapat sebuah tangga di lokasi ini yang biasanya dimanfaatkan anak-anak muda untuk mengambil foto dengan background Gereja Blenduk. Selain untuk bersantai, Taman Srigunting juga menjadi tempat pertemuan berbagai komunitas di Semarang.

Alamat Taman Srigunting: (Kawasan Kota Lama), Jalan Letjen Suprapto No. 32, Semarang

2. Simpang Lima

Di kawasan Simpang Lima Semarang terdapat sejumlah objek wisata yang menarik. Selain gedung-gedung tua bersejarah, di kawasan ini Anda juga dapat menikmati pengalaman kuliner Semarang. Sedari dulu, Simpang Lima termasuk kawasan yang ideal untuk nongkrong bersama teman atau keluarga di Semarang.

Simpang Lima, area paling populer di Semarang via bridgetamoris.blogspot.co.id

Alun-alun Simpang Lima terbilang cukup ramai di malam hari. Selain karena dekat dengan sejumlah pusat perbelanjaan, tersedia berbagai wahana dan fasilitas hiburan di sana. Anda dapat berkeliling mengitari kawasan Simpang Lima menggunakan sepeda tandem sambil mencicipi makanan khas Semarang.

Alamat Simpang Lima: Jalan Jendral Ahmad Yani, Semarang

3. Banjir Kanal Barat

Tempat nongkrong di Semarang yang satu ini sejatinya adalah bangunan yang digunakan untuk mencegah banjir. Mengingat lokasinya yang luas, asri, dan indah, tempat ini sering menjadi tempat nongkrong anak-anak muda Semarang di malam hari. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, berjarak sekitar 10 menit dari alun-alun Simpang Lima.

Banjir Kanal Barat di Semarang via kompasiana.com

Di Banjir Kanal Barat, terlihat anak-anak muda duduk-duduk bersantai di tepian sungai sembari menikmati kerlap-kerlip lampu yang menerangi jembatan di kejauhan. Ada juga yang bercanda sambil sesekali berfoto bersama.

Alamat Banjir Kanal Barat: Pusponjolo, Semarang, Jawa Tengah

4. Taman Tabanas

Jika Yogyakarta memiliki Bukit Bintang, maka di Semarang ada Taman Tabanas. Keduanya memiliki kesamaan sebagai sebuah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan kota di malam hari dari ketinggian. Taman Tabanas terletak di area perbukitan Gombel. Saat masuk ke lokasi, Anda akan menjumpai banyak kursi serta pedagang makanan di kawasan taman ini. Dari tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota Semarang sembari mencicipi hangatnya wedang jahe dan roti bakar.

Salah satu spot romantis di Semarang, Taman Tabanas via mediasemarangonline.com

Taman Tabanas mudah diakses dari berbagai arah menggunakan kendaraan pribadi, motor, ojek, taksi, bahkan bus juga ada yang melintas di lokasi. Dari pusat kota, jarak Taman Tabanas terbilang tidak jauh dengan menghabiskan perjalanan sekitar 20 menit.

Alamat Taman Tabanas: (Tanjakan Gombel Semarang) Jl. Setiabudi, Semarang

5. Legend Coffee

Legend Coffee, sebuah cafe yang yang sukses di Malang dan Yogyakarta juga dapat Anda temukan di kota Semarang. Cafe ini memiliki menu kopi yang khas. Ada lebih dari 15 jenis kopi dengan karakteristik rasa yang berbeda. Sebagai menu pendamping, tersedia sekitar 100 jenis hidangan yang siap memanjakan lidah Anda.

Legend Coffee di Semarang via dapoernjonja.wordpress.com

Segmen pasar dari cafe ini adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Inilah sebab mengapa harga yang ditawarkan di Legend Coffee terbilang murah. Di Legend Coffe, juga tersedia beragam permainan yang dapat dimainkan secara gratis seperti PS2, PS3, Xbox 360, atau Dingdong. Ini dapat dimanfaatkan sembari menunggu menu pesanan datang. Juga tersedia akses Wi-Fi dan live music akustik untuk menghibur pengunjung.

Alamat Legend Coffee: Jalan Trilomba Juang No. 5, Mugas, Semarang.

6. Clapper Movie Cafe

Clapper Movie Cafe mungkin satu-satunya tempat nongkrong di Semarang yang paling unik. Pernah bersantap dan bersantai di dalam kotak kontainer atau peti kemas? Anda dapat mencoba datang ke cafe yang nyentrik ini.

Nongkrong di Clapper Movie Cafe via katalokal.com

Clapper Movie Cafe memiliki ruang utama yang dibangun dari peti kemas bekas yang telah dimodifikasi sedemikan rupa. Sesuai konsepnya yang unik, Clapper Movie Cafe menyasar anak-anak muda, terutama penggemar film. Inilah sebab terdapat koleksi atribut film tempo dulu di cafe ini, seperti miniature robot Star Wars, Laser Disc, atau video VHS. Di hari-hari tertentu, rutin diadakan acara nonton bareng sambil menikmati hidangan lezat ala Clapper Movie Cafe.

Alamat Clapper Movie Cafe: Jalan Jatiraya No. 51, Banyumanik, Semarang

7. Retro Cafe

Jika Clapper Movie Cafe menawarkan konsep unik berupa ruangan dalam kontainer, maka Retro Cafe lebih menonjolkan konsep retro atau “jadul” pada bangunan dan desain interiornya. Dari luar memang terlihat biasa-biasa saja, bangunan dengan cat hijau pada dinding bagian depan. Tapi begitu masuk ke dalamnya, Anda akan disambut dengan nuansa yang benar-benar retro.

Suasana klasik di Retro Cafe Semarang via sovialida.blogspot.co.id

Anda mungkin akan takjub dengan koleksi benda-benda antik yang dipajang di ruangan Retro Cafe. Ada motor tua, mesin jahit tua, atau radio tua yang hanya populer di zaman dulu. Nuansa retro kian sempurna dengan aksen dinding yang sengaja dibuat mengelupas sehingga terekspos batu bata merah di dalamnya.

Berbagai hidangan lezat khas nusantara disajikan di Retro Cafe, seperti nasi goreng, sate. Juga ada menu pelengkap, seperti kentang goreng, pancake, roti bakar, cokelat gulung, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia juga perangkat karaoke dan pertunjukan live music di hari-hari tertentu. Ingin nongkrong bareng dalam balutan suasana super retro? Datang saja di Retro Cafe di belakang Gereja Blenduk Jalan Garuda Semarang.

Alamat Retro Cafe: Jalan Garuda (belakang Gereja Blenduk), Semarang

8. Dapur Keju

Dapur Keju adalah tempat nongkrong di Semarang yang tak kalah unik. Mengusung konsep serba keju, saat masuk ke lokasi Anda seolah-olah berada di dunia keju. Interior ruangannya didesain mirip keju dengan dominasi warna kuning lengkap dengan lubang-lubang tak beraturan layaknya potongan keju swiss.

Ingin serba keju, datanga saja ke Dapur Keju di Semarang via yangtau2ajalah.blogspot.co.id

Soal menu yang ditawarkan, jangan ditanya lagi sebab semua pasti terbuat dari bahan keju. Semuanya menggunakan bahan keju asli yang super lezat. Ingin pesan Zupa Soup, Lasagna, Macaroni Schotel? Atau, ingin mencicipi lezatnya nasi goreng dengan taburan keju yang melimpah? Semua tinggal pesan saja.

Jangan khawatir dengan harga keju yang mahal. Meski menggunakan bahan keju asli, harga makanan yang disediakan di Dapur Keju terbilang cukup murah. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda di Semarang dan juga merupakan pilihan tempat bersantai yang menyenangkan dengan deretan sofa-sofa empuk bagi para pengunjungnya.

Alamat Dapur Keju: Jalan Kalisodo No. 9A, Semarang

9. Warung Dimsum Horison

Jika Anda bosan duduk-duduk di cafe sembari ngopi, maka Warung Dimsum Horison mungkin opsi paling tepat untuk tempat nongkrong di Semarang yang patut Anda kunjungi. Warung Dimsum Horison mengusung konsep outdoor dan terletak di perkampungan China yang cukup asri. Sesuai namanya, tempat ini menyediakan menu utama berupa dimsum dan bubur.

Warung Dimsum Horison via gogirlmagz.com

Selain aneka dimsum, Warung Dimsum Horison juga menyediakan berbagai macam desert. Salah satu desert paling populer adalah Guiling Gao yang dibuat dari tempurung kura-kura. Untuk mencari suasana baru, tempat ini cukup tepat untuk nongkrong bersama teman sambil menikmati waktu santai.

Alamat Warung Dimsum Horison: (lantai 1 lobi Hotel Horison), Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 2, Simpang Lima, Semarang

10. Taman Menteri Supeno

Taman Menteri Supeno lebih menawarkan lokasi untuk bermain atau menjadi sebuah taman hiburan yang dinikmati banyak kalangan di Semarang. Taman Menteri Supeno terbuka 24 jam penuh bagi kunjungan orang-orang. Taman yang berada tepat di depan SMA Negeri 1 Semarang ini juga menyediakan fasilitas bagi mereka yang menyukai sajian kuliner khas Semarang.

Taman Menteri Supeno di Semarang via ocehanmia.wordpress.com

Jika Anda berada di Semarang, cobalah datang berkunjung ke taman ini. Mungkin dapat menjadi salah satu tempat menarik untuk mengisi waktu malam hari Anda selama berwisata di Semarang.

Alamat Taman Menteri Supeno: Jl. Taman Menteri Supeno No. 1, Semarang

What do you think?

Written by virgo

Melahirkan Bayi Seberat 9 Kilogram

Inilah 12 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Diminati Wisatawan