in

Lagi, Jalan Dibuka dari Cubadak Aia Utara ke Sungai Rambai Tanpa Anggaran

Pemerintah Kota Pariaman kembali membuka jalan tanpa anggaran di Desa Cubadak Aia Utara. Jalan itu bakal terhubung ke Desa Sungai Rambai. Sejak 2020 hingga saat ini sedikitnya 20 ruas jalan tanpa anggaran yang sudah dibuka Pemko Pariaman bersama masyarakat.

“Nah adanya pembukaan jalan ini, maka akan membantu mobilitas dan aktivitas warga. Pembukaan ruas jalan ini sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat sendiri. Apalagi jalan baru yang dibuka berdekatan dengan Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT-BPP) Kecamatan Pariaman Utara,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, saat meninjau langsung pembukaan jalan baru sepanjang lebih kurang 1 kilometer di Desa Cubadak Aia, Senin (13/2).

Genius mengapresiasi semangat dan keikhlasan masyarakat sekitar mulai dari kepala desa, perangkat desa, Desa Cubadak Air Utara. Terutama pemilik tanah yang secara sukarela tanahnya dijadikan jalan.

Sejak ia menginisiasi pembangunan jalan tanpa anggaran pada tahun 2020 lalu, sudah ada sekitar 20 ruas jalan baru yang dibuka dengan sistem gotong royong bersama dengan masyarakat.

Pembukaan jalan tersebut sangat membantu masyarakat sebab pembukaan jalan merupakan aspirasi masyarakat dengan melakukan gotong royong bersama.

Pemko Pariaman hanya mendorong dari belakang dengan membantu menyediakan berupa alat berat, agar cepat selesai dikerjakan. Hal itu bisa terealisasi karena seluruh unsur masyarakat dan OPD bergotong royong dan serta merelakan tanahnya untuk pembangunan jalan.

“Nah, untuk pembukaan jalan dilakukan oleh masyarakat. Setelah itu, Pemko Pariaman lakukan pengerasan untuk selanjutnya pengaspalan kami usulkan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Genius menyebut pembukaan jalan tanpa anggaran menunjukan kekompakan dalam membangun Kota Pariaman. Ia berharap kekompakan dan kolaborasi seluruh lini yang tercipta hendaknya dapat terus dipelihara demi membangun dan memajukan kampung secara bersama-sama.

“Semoga kita bersama tetap sejalan dalam membangun Kota Pariaman yang kita cintai ini, sehingga masyarakat akan merasakan dampak dan manfaat dari jalan baru yang kita kerjakan ini. Adanya jalan baru ini akan lebih akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sebagai akses jalan yang dirasakan oleh masyarakat, sehingga bermanfaat bagi semua,” ujarnya.

Turut hadir dalam peninjauan jalan baru nol budgeter itu, Anggota DPRD Kota Pariaman, Jonasri, Inspektur Kota Pariaman, Alfian Harun, Kepala Bappeda Kota Pariaman, Hendri, Kepala Dinas PUPR Kota Pariaman, Nopriyadi Syukri dan jajaran, serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. (nia)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Taslim: Anies Capres adalah Aspirasi Partai Ummat Sumbar dan Masyarakat Minang

Warga Asal Semarang Di Temukan Tewas Di Kamar Kos