in

Lahirkan Penggerak Kombel Kreatif, Optimalisasi PMM di SMPN 3 Batusangkar

Guspita Hutri, S.Pd. Fis
Guru UPT SMPN 3 Batusangkar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang diluncurkan pada Merdeka Belajar Episode Kelima Belas merupakan platform edukasi yang di dalamnya terdapat tiga fungsi utama, yaitu membantu guru untuk Mengajar, Belajar, dan Berkarya.

Visi dari Platform Merdeka Mengajar yaitu menciptakan ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan iklim kerja yang positif. Di saat guru mengajar, lalu melakukan refleksi, guru itu akan mampu mengukur sejauh mana capaian tugas mengajarnya.

Apakah relatif tercapai atau tidak. Refleksi ini nantinya akan mengantarkan guru untuk belajar. Selanjutnya akan mewujudkan karya yang inovatif dan kreatif yang jelas sangat dibutuhkan oleh para siswa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menciptakan Platform Merdeka Mengajar ini, bertujuan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid.

PMM menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawatnya. Apalagi sekarang ini implementasi Kurikulum Merdeka harus berorientasi kepada murid.

Platform Merdeka Mengajar akan memudahkan guru untuk melaksanakan aktivitas mengajar. Produk yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas Belajar dan (Kombel) dan video ispiratif.

Dalam produk Asesmen Murid, beragam paket soal yang ada dapat dibagikan secara dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring). Di samping itu, tersedia juga fitur pemeriksaan otomatis dan analisis yang mendalam. Sebagai guru yang profesional, guru harus familiar dengan asesmen dan tentunya harus paham juga dengan standar isinya.

Selanjutnya dalam perangkat ajar, terdapat inspirasi materi untuk mengajar yang terdiri dari modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya.

Dalam Pelatihan Mandiri, terdapat program pelatihan yang dibuat oleh para ahli dan terdiri dari beragam topik dan materi singkat yang relevan serta praktikal sehingga dapat dipelajari di manapun dan kapanpun.

Topik yang tersedia pada saat ini, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar,Perencanaan Pembelajaran, Asesmen, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penyesuaian Proses Pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Perbaikan Satuan Pendidikan, Refleksi Diri, Disiplin Positif, Kompetensi Non tekhnis Kurikulum Merdeka.

Semua topik memuat materi yang sangat di butuhkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam Bukti Karya Saya, terdapat kumpulan rekam jejak yang menggambarkan kinerja serta kompetensi yang dapat dibagikan ke rekan sejawat agar dapat saling menginspirasi maupun bertukar pikiran.

Produk-produk unggulan ini bisa mengantarkan guru menjadi lebih profesional, bisa membagi informasinya dan praktis-praktisnya dengan tujuan akhirnya mengajarkan anak dengan pembelajarn yang joyful dan meaningful. Ini adalah tujuan utama bagaimana pembelajaran ini berorientasi kepada murid.

Untuk komunitas, setiap guru yang sudah memiliki akun belajar.id dapat mendaftarkan komunitas belajarnya di PMM, dan menjadi penggerak komunitas yang terdaftar di Kemendikbudristek.

Dengan mendapatkan hak akses menghubungi Narasumber Nasional dan berbagi Praktik Baik yang sudah terdaftar di PMM. Penggerak kombel juga mendapatkan hak untuk melakukan kegiatan secara daring melalui webinar yang dapat didaftarkan di PMM.

Seorang penggerak kombel dapat mengelola 3 komunitas belajar. Dan satu komunitas belajar dapat mendaftarkan 3 orang penggerak yang sudah menyelesaikan topik kurikulum merdeka dan Perencanaan Pembelajaran.

Penulis merupakan Penggerak Komunitas Belajar MGMP IPA Kabupaten Tanahdatar dengan Koordinator Drs. Jalinus bersama 2 penggerak lainnya rekan guru IPA, Osmaidar, Guru SMPN 4 X Koto dan Suherman guru SMPN 1 Padangganting.

Sebagai Penggerak, penulis mendapatkan kesempatan upgrading kombel yang dilaksanakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Sumbar di Truntum Hotel pada 28-30 November 2022.

Bertemu dengan Penggerak Komunitas hebat Se-Sumatera Barat merupakan kesempatan yang sangat luar biasa dalam diskusi Berbagi Praktik Baik di kombel masing-masing. Ayo teman Guru hebat kita daftarkan komunitas yang sudah ada ke komunitas Platform Merdeka Mengajar.

Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar para guru dapat mengunduhnya melalui aplikasi Playstore, selanjutnya login dengan akun belajar.id. Dalam hal ini, semua guru yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dapat mengakses platform ini.

Untuk guru yang bertugas di luar negeri, jika sudah diunduh dari Playstore Indonesia, maka mereka langsung dapat mengaksesnya. Terkait fitur yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan kinerja guru.

Penulis merasakan luar biasa manfaatnya. Dulu kita harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sekarang sudah disediakan di Platform Merdeka Mengajar. Kita tinggal kutip, kalau tidak sesuai bisa kita modifikasi sesuai dengan kondisi sekolah kita masingmasing.

Fitur pelatihan mandiri juga sangat membantu para guru untuk meningkatkan kompetensi diri tanpa harus mengeluarkan anggaran khusus dan meninggalkan tugas wajib di kelas.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Erick Thohir Dukung Semen Padang Promosi ke Liga 1

PIK R SMA Negeri 1 Salimpaung, Wadah Pengembangan Bakat-Minat Remaja Berencana