in

Lebaran, Mayoritas Masyarakat Abdya Masih Menunggu Kepastian Hilal

ACEHTREND.CO, Aceh Barat Daya – Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat Daya, Adnan mengatakan, sekitar 75% (persen) masyarakat Aceh Barat Daya diperkirakan akan merayakan hari raya Idul Fitri Senin 26 Juni 2017.

“Amatan kita 2/3 atau sekitar 75 persen masyarakat Abdya akan berlebaran dihari Senin, sementara selebihnya berlebaran di hari Minggu 25 Juni 2017,” ungkap Adnan, saat dikonfirmasi Wartawan Via Telfon Seluler miliknya, Sabtu (24/6/2017).

Sementara itu, Lanjut Adnan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya tetap mengikuti hasil keputusan sidang Isbat Kementrian Agama RI yang menetapkan 1 Syawal jatuh pada Minggu 25 Juni 2017.

“Ini kami baru saja pulang takbir,” sebut Adnan.

Menurut Adnan, hingga Sabtu, mayoritas kecamatan di Abdya masih menjalankan salat tarawih. Mereka mengaku belum melihat hilal 1 syawal.

Adapun pelaksanaan tarawih tersebut berlangsung dibeberapa Kecamatan, seperti kecamatan Manggeng, Tangan-tangan, Suak Setia, Blangpidie, Babahrot, Kuala Batee dan di beberapa kecamatan lainnya.

“Yang Organisasi Muhammadiyah sudah pasti besok lebaran, sementara Organisasi Perti diperkirakan pada hari Senin,” sebut Adnan.

Kendatipun demikian, tim rukyah Perti masih menunggu kepastian untuk memastikan apakah besok sudah masuk 1 Syawal atau belum.

Namun, menurut Adnan, apabila di pertengahan malam tim rukyah mendapatkan kepastian 1 syawal, maka mereka juga akan berlebaran dihari Minggu, dan jika dihari Senin juga belum didapatkan kepastian, maka mereka akan merayakan lebaran dihari Selasa 27 Juni 2017.

“Saya mendengar keputusan dari Jambi dan Riau, mereka ada melihat bulan cuma belum pasti malam ini mereka akan takbir terus walaupaun jam satu nanti,” katanya.

Sementara, terkait jumlah puasa yang tidak cukup yaitu 28 hari, maka mereka akan menggantikannya (qadha) pada hari raya ke-6.

“Tapi kita pemkab sudah menghimbau bahwa 1 Syawal 1438 sesuai dengan hasil keputusan sidang Isbat kementrian Agama,” tutup Adnan.

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Jaring Ikan di Laut, Warga Suak Bakoeng Tersambar Petir

Rayakan Idul Fitri 1438 H, Presiden Jokowi Akan Shalat Ied di Istiqlal