in

Litbang Kompas : Figur Ridwan Kamil berpotensi jadi capres alternatif 2024

Makassar (ANTARA) – Peneliti dari Litbang Kompas kembali merilis hasil survei berdasarkan wawancara tatap muka terhadap 1.202 responden pada periode Januari  Februari 2023 untuk mencari sosok Calon Presiden (capres) alternatif dengan elektabilitas tinggi yang di gadang-gadang bisa maju pada Pilpres 2024.

“Ada tiga sosok capres alternatif dengan elektabilitas paling tinggi. Mereka masing-masing Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” kata Peneliti Litbang Kompas Eren Marsyukrilla melalui siaran persnya diterima, Rabu. 

Dari tiga capres alternatif tersebut, kata dia, Ridwan Kamil yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat menempati posisi teratas sebagai capres alternatif dengan elektabilitas mencapai 22,7 persen. 

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan elektabilitas capres alternatif lainnya seperti Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan presentase 7,3 persen. Sementara untuk AHY berada di angka 5,8 persen. Di samping ketiga nama ini, Survei Litbang Kompas juga menemukan beberapa nama capres alternatif lainnya. 

Namun, angka elektabilitas mereka berada di bawah lima persen. Rinciannya Erick Thohir dengan 4,5 persen, Tri Rismaharini 4,3 persen, Andika Perkasa 2,3 persen, Puan Maharani 1,5 persen, Airlangga Hartarto 0,8 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Hary Tanoesoedibjo 0,5 persen. 
 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Stephen Curry harus absen seminggu lagi dari NBA

Persib Vs Arema FC, Jalan Maung Bandung Tempel Pemuncak Klasemen