in

Malam Puncak FFI 2016 Milik Athirah

Raih Enam Award, Termasuk Film Terbaik 

Riri Riza tidak bisa menahan haru. Film garapannya yang paling dekat secara emosional dengannya, Athirah, merajai pergelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2016 di Taman Ismail Marzuki tadi malam (6/11).

Dalam festival yang sering dianggap sebagai Oscars-nya Indonesia itu, Athirah menyabet enam penghargaan (award) sekaligus. Termasuk award paling prestisius: film terbaik. Film yang mengisahkan perjuangan ibu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menentang poligami tersebut juga menyertakan dirinya ke daftar pemenang. 

Riri merebut penghargaan sutradara terbaik. Cut Mini Theo, sang pemeran bunda JK saat muda, dinobatkan sebagai aktris terbaik. Athirah juga memenangkan award tata artistik terbaik, skenario adaptasi terbaik, serta tata busana terbaik. 

“Membuat film adalah kumpulan dari berbagai pengalaman hidup,” ungkap Riri terharu dalam pidato penerimaannya.

“Sejak lama saya menunggu membawakan film yang dekat dengan saya. Athirah, cerita ini diantarkan keluarga Pak Jusuf Kalla. Jadi, sebagai sutradara itu saya menjadi konduktor. Yang menggabungkan dan bekerja bersama sekian banyak orang,” paparnya. 

Sutradara yang mengawali karir pada 1998 tersebut boleh dibilang pas menangani film yang diinspirasi kisah hidup Athirah itu. Riri punya latar belakang Makassar, sama dengan sang wakil presiden.

Dia pun punya basic budaya Bugis dan kisah Athirah yang tenar di sana. Ibaratnya, dia besar dengan mendengar kisah-kisah saudagar Kalla, suami Athirah. Cut Mini tak kalah terharu. Dia sempat mengusap air mata sebelum menyampaikan acceptance speech.

“Enggak tahu mau ngomong apa. Terima kasih sebelumnya untuk keluarga Jusuf Kalla,” ucapnya dalam logat Bugis seperti yang dia pertontonkan selama memerankan Athirah.

“Terima kasih untuk keluarga Jusuf Kalla dan keluarga Kalla semuanya yang (memperbolehkan saya, red) memerankan jadi Mama Aji,” ucapnya terbata. 

Dia juga menyindir budaya patriarki yang masih kuat mengakar di beberapa daerah di Indonesia. “Yang pasti, saya dapatkan (trofi FFI) ini atas izin suami saya. Sampai saya boleh keluar rumah,” katanya masih dalam logat Bugis. 

Selain Athirah, film komedi My Stupid Boss juga membawa pulang banyak trofi. Sang pemeran utama Reza Rahadian dinobatkan sebagai aktor terbaik. Sedangkan rekannya, Alex Abbad, menjadi pemeran pembantu terbaik. Satu trofi lagi diperoleh dari kategori editing atau penyunting gambar terbaik. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Penculikan Dua WNI, Kemlu Imbau Perairan Sabah Dijauhi

Tekuk Watford, Liverpool ke Puncak Klasemen Liga Inggris