in

Manfaatkan Lahan Telantar, Wako Panen Jagung Nusantara

Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan panen perdana Jagung Nusantara di lahan seluar 1 hektare di Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Selasa (14/07/2020).

Lahan sebelumnya adalah lahan telantar yang disulap oleh Syamsul Amri melalui binaan Kelompok Tani Mitra Tani Kelurahan Jalan Baru menjadi lahan bermanfaat. Bahkan inovasi pria yang bekerja sebagai kuli bangunan ini, mendapat dukungan Lurah Jalan Baru yang dipelopori Bhabinkamtibmas Polres Pariaman dan Babinsa Kodim 0308 Pariaman dan diawasi Dinas Pertanian dan Perikanan.

“Kita saat ini berada dalam bencana Covid-19, yang mengakibatkan ekonomi menurun, produksi pertanian menurun, yang disebabkan daya konsumsi yang juga menurun. Seperti jagung untuk makanan pokok ayam ini, diakibatkan permintaan distributor untuk ayam ini berkurang, maka harga bahan pokok makanan ayam ini juga berkurang,” ungkap Genius.

Genius mencontohkan, seperti penjualan makanan yang bahan pokoknya ayam siap saji, yang jauh menurun permintaannya, karena tokonya tutup. Namun, jangan hal itu mematahkan semangat dari para petani karena sekarang semua aktivitas sudah mulai dilakukan normal namun tetap mematuhi protokol Covid-19.

“Semoga, dengan telah dimulainya kembali tatanan hidup normal baru, maka Insya Allah nilai jual dari jagung ini sendiri akan meningkat kembali, dan tetap semangat untuk bertani,” tutur Genius.

Genius mengajak seluruh unsur di Pemerintahan Kota Pariaman, bersinergi bersama Polres, Kodim 0308, Forkopimda, hingga pemerintahan desa/kelurahan melalui leading sektor Dinas Pertanian yang secara nasional diharapkan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat menghadapi bencana Covid-19.

“Dengan salah-satunya yakni peningkatan produksi pangan. Ketika produksi pangan meningkat, maka kebutuhan pangan masyarakat bisa tercukupi yang itulah kita sebut dengan ketahanan pangan,” tandas Genius.

Genius menyebut, Pemko Pariaman melalui kementerian terkait telah mengajukan permintaan bantuan untuk ketahanan pangan. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rumah Berisi Belasan Tabung Gas 3 Kg di Koto Tangah Terbakar

Percepat Tangani Covid-19, Doni Ajak Andani ke Jatim dan Sulsel