in

Marquez bersaudara siap alihkan fokus ke MotoGP Amerika

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Gresini Racing, Marc dan Alex Marquez menyayangkan insiden yang terjadi pada rangkaian MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan lalu, tapi siap mengalihkan fokus dan menatap MotoGP Amerika Serikat di Austin, 12-15 April.

“Hari Minggu yang patut dilupakan, tapi kami akan mencoba lagi di Austin,” kata Marquez, dikutip dari keterangan resmi Federal Oil, Rabu.

Adapun Marc Marquez terjatuh pada lap ke-23 saat duel perebutan posisi kelima dengan juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Saat itu, Marquez yang berada di posisi keenam, berhasil menyalip Bagnaia di tikungan, tetapi pembalap asal Italia itu berusaha kembali mengambil alih posisi kelimanya dengan masuk dari sisi dalam.

Marquez berusaha menutup jalur yang ingin dimanfaatkan itu, sedangkan Bagnaia terus berusaha masuk sehingga keduanya bersenggolan dan akhirnya sama-sama tergelincir.

“Insiden balapan yang tidak diinginkan oleh siapa pun dari kami. Kami pulang tanpa poin, tapi setelah akhir pekan yang positif di mana kami menemukan kontinuitas dan kecepatan,” kata Marquez.

“Penyelenggara balap telah memutuskan bahwa insiden tersebut tidak memerlukan sanksi dan kami menerima keputusan tersebut. Pecco berusaha mempertahankan posisinya, mungkin dengan sedikit optimisme. Hasilnya tetaplah hasil yang tidak diharapkan oleh siapa pun,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, sang adik, Alex, mengungkapkan ia telah berusaha maksimal pada putaran MotoGP 2024 kedua ini. Namun, upaya itu tidak menghasilkan buah yang manis, dan ia juga mengalami insiden pada balapan utama.

“Saya memberikan segalanya dan sayangnya, saya akhirnya terjatuh. Saya kembali ke trek hanya karena jika hujan, segalanya akan berubah, namun setelah beberapa lap saya memutuskan untuk keluar dari balapan,” ungkap Alex.

Baca juga: Marquez buka suara tentang tabrakannya dengan Bagnaia

Di sisi lain, pelumas resmi Gresini Racing Federal Oil juga menyayangkan insiden tersebut. Namun, tim memiliki optimisme untuk bangkit kembali pada seri ketiga yang akan digelar di Circuit of The Americas (COTA), pada pertengahan April nanti.

Keyakinan itu pun muncul menyusul Marc Marquez untuk pertama kalinya mampu meraih podium perdananya bersama Gresini Racing pada Sprint MotoGP Portugal.

“Marc dan Alex padahal mampu menunjukkan potensinya untuk bisa meraih poin penting sejak awal balapan dimulai. Tim mekanik Gresini Racing juga mampu menyiapkan motor yang makin nyaman dikendarai oleh kedua pembalap sepanjang sesi latihan hingga kualifikasi,” kata Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Rommy Averdy Saat.

“Marc dan Alex sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil terbaik dan balapan masih panjang musim MotoGP 2024, Federal Oil berharap keduanya bisa move on dan bangkit untuk meraih kemenangan di seri selanjutnya,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pada klasemen sementara persaingan titel juara dunia MotoGP 2024, Marc Marquez berada di posisi enam dengan 27 poin, dan Alex Marquez berada di posisi 12 dengan 13 poin.

Melihat potensi di seri selanjutnya, Marc Marquez memiliki catatan positif di Austin, dengan pernah menang enam kali. Tentunya ini menjadi kepercayaan diri bagi Marc setelah mendapatkan motor yang memiliki performa terbaik.

Baca juga: Bagnaia maklumi insidennya dengan Marc Marquez

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

PB ABTI tengah siapkan timnas di ASEAN University Games 2024

Timnas Indonesia taklukkan Vietnam di Hanoi