in

Marshanda bicara soal rasa percaya diri di film “Gendut Siapa Takut?!”

Nusa Dua, Bali (ANTARA) – Aktris Marshanda menggarisbawahi pentingnya untuk selalu memunculkan rasa percaya diri serta mengatasi rasa insecure terlepas dari bagaimanapun bentuk tubuh yang dimiliki diri sendiri, yang terepresentasi dalam film “Gendut Siapa Takut?!”.

“Rasa yang akan selalu perlu kita munculkan adalah rasa pede (percaya diri),” kata aktris itu saat konferensi pers di Jakarta pada Kamis.

“Orang sukses dan orang yang sudah berprestasi juga masih perlu membuat dirinya pede dan itu pun dengan cara-cara yang macam-macam. Jadi ingatlah untuk selalu jangan fokus pada insecurity, tapi fokus bagaimana caranya hari ini gue merasa pede, bahagia, dan nyaman sama diri sendiri,” imbuh Marshanda.

Dalam film garapan sutradara Pritagita Arianegara itu, Marshanda memerankan karakter utama yang memiliki tubuh gendut bernama Moza Aphrodite. Walau menghadapi body shaming dan perundungan, Moza tetap percaya diri dan tampil ceria.

Marshanda menilai karakter Moza memang masih diliputi rasa insecure karena memiliki tubuh gendut, namun tetap berdandan dengan memakai make up serta mengenakan pakaian berwarna cerah. Karakter Moza, lanjutnya, justru merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

“Dengan dia (Moza) juga bikin novel dan berkarya, nah itulah yang bikin gue bangga dan pede,” tuturnya.

Ia memandang bahwa sulit untuk mengubah kultur masyarakat yang acapkali tanpa disadari melakukan body shaming dengan berkedok obrolan sehari-hari dan candaan. Hal itu telah dianggap biasa, bahkan dilakukan oleh teman-teman terdekat dan anggota keluarga.

“Kalau aku, sih, gini. Kalau misalnya kita harus dan ingin banget mengubah masyarakat dunia untuk jadi berhenti nge-bully itu kan susah, ya. Mungkin mottoku adalah ubahlah apa yang kita bisa ubah atau yang sesuai dalam jangkauan kita,” katanya.

Marshanda bersyukur dirinya dilibatkan oleh rumah produksi Spectrum Film dalam proyek kali ini sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat menjangkau lebih banyak orang melalui tontonan.

“Melalui film ini mudah-mudahan bisa membuka mata orang-orang yang mem-bully itu dan melakukan body shaming, (membuka mata) lebih luas lagi ke masyarakat yang lebih banyak,” katanya.

Untuk mendalami karakter Moza, Marshanda mengaku selama syuting dirinya memiliki berat badan 74 kilogram atau naik 20 kilogram dibanding berat badan normalnya sebelum syuting.

Untuk menaikkan berat badan sendiri, ia mengaku cukup sulit namun justru menemukan banyak hal, terutama ikut merasakan perasaan kala orang bertubuh gendut yang mengalami body shaming dan perundungan.

Menurutnya, tubuh gendut yang dimiliki saat itu berasal dari permintaan sutradara dan tuntutan peran dalam film tersebut. Selama proses syuting, Marshanda mengaku dirinya menjadi lebih banyak makan makanan yang manis dan mengandung karbohidrat sehingga mendapatkan tubuh lebih gemuk.

“Dan untungnya aku cepat gemuk, tapi cepat kurus. Jadi memang untuk adaptasi ke peran ini nggak butuh waktu lama untuk aku gendut,” katanya.

Baca juga: Kembali ke layar lebar, Marshanda tampil lebih segar

Baca juga: “Gendut Siapa Takut?!” soroti pentingnya miliki sikap self-acceptance

Baca juga: Marshanda bahagia kembali ke layar lebar

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kembali ke layar lebar, Marshanda tampil lebih segar

Kemenangan di GP Aragon 2021 buka mata Bagnaia