in

Masyarakat jangan mudah tergoda biro umrah murah

Solo (ANTARA) –

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surakarta mengimbau masyarakat untuk tidak mudah tergoda biro umrah murah agar terhindar dari penipuan.

 

“Hati-hati pilih biro umrah karena masih ada biro nakal, jangan teriming-iming harga murah,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta Hidayat Maskur di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

 

Ia mengatakan masyarakat bisa langsung bertanya ke Kantor Kemenag setempat untuk mengetahui biro umrah tersebut tercatat atau tidak. “Punya kredibilitas seperti apa,” kata Hidayat Maskur.

 

Terkait dengan penipuan umrah, ia mengatakan beberapa bulan lalu di Kota Solo ada empat orang yang menjadi korban penipuan oleh salah satu biro umrah yakni PT Naila Safaah Wisata Mandiri.

 

“Kan sudah terdeteksi ada penipuan. Bironya itu ada cabangnya di Solo, terus daftar warga Solo ada berapa, katanya ada empat,” ucap Hidayat Maskur.

 

Saat itu pihaknya langsung mendatangi biro terkait dan meminta agar empat orang tersebut segera diberangkatkan.

 

“Jadi kami paksa, saya suruh agar diselesaikan dulu para jemaah. Milih dipenjara, apa milih diberangkatkan. Kemudian ini sudah diberangkatkan, sebelum Ramadhan sudah diberangkatkan melalui biro lain,” katanya.

 

Dengan demikian saat ini biro sudah ditutup dan kasus tidak lagi dilanjutkan karena jamaah sudah diberangkatkan.

 

Sementara itu untuk memastikan biro umrah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, pihaknya juga secara terjadwal memberikan pembinaan.

 

“Kami sering pembinaan di biro umrah, saat ini ada 24 cabang biro umrah di Solo,” kata Hidayat Maskur.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sinner ke semifinal Miami Open seusai kalahkan Ruusuvuori

Jadi anak kiai berkharisma, ini usaha dilakukan aktor Ari