in

Megawati Desak PBB Perkuat ‘BMKG Internasional’

Megawati Desak PBB Perkuat 'BMKG Internasional'

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri memberikan pidato pada Konferensi PBB tentang Pengurangan Risiko Bencana ke-7 yang diadakan di Bali pada hari Jumat, 27/5. Foto: Tim Dokumentasi Megawati

Rakyataceh.co, Jakarta – Presiden ke-5 Republik Indonesia Megagawati Soekarnoputri (Megagawati Soekarnoputri) mengajak seluruh negara di dunia yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperkuat mitigasi bencana demi kemaslahatan umat manusia.

Megawatti Perlu memperkuat fungsi BMKG internasional dengan mengingatkan kita bahwa ancaman pemanasan global sudah dekat.

Megawati juga mengajak seluruh warga dunia untuk merenungkan keadaan planet ini, menggunakan perspektif Bali tentang penderitaan Bumi.

“Melalui forum ini, kami mendesak pentingnya mobilisasi dan kerjasama internasional melalui PBB. Misalnya World Meteorological Organization (WMO) yang terintegrasi dengan PBB. BMKG Megawati berbicara pada Konferensi Global PBB tentang Pengurangan Risiko Bencana ke-7 di Bali, Jumat (27/5).

Presiden DPP PDI-P mengatakan, kolaborasi penting untuk meningkatkan kapasitas mitigasi bencana, peningkatan kapasitas, manajemen penanggulangan bencana, dan kemampuan memprediksi bencana dari tsunami, angin topan, dan dampak iklim lainnya.

“Peningkatan kapabilitas BMKG di negara berkembang kurang mendesak di bidang prediksi iklim untuk pertanian dan mitigasi bencana,” kata Megawati.

Bagi Indonesia sendiri, kerjasama internasional merupakan bagian dari karakter bangsa. Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melindungi kepentingan umat manusia di seluruh dunia.

“Kami memiliki filosofi pancasila. Di dalamnya terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial. Dengan filosofi ini, bangsa Indonesia membuat sejarah dengan menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika 1955,” jelas Megawati.

Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, meyakini bahwa kerjasama dari semua negara diperlukan untuk mengatasi ancaman bencana alam.

Baca konten menarik lainnya dari Rakyataceh.co di: Rakyataceh.co

Artikel Megawati Desak PBB Perkuat ‘BMKG Internasional’ pertama kali tampil pada RakyatAceh.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bahlil Lahadalia Gaspol Capai Target Investasi

Mangele dan peretasan pemuda, motif balas dendam?