in

Menang Pilkada Dharmasraya, Annisa-Leli bakal Olah Sampah jadi Pupuk Organik

DHARMASRAYA, METRO—Pengolahan sampah menjadi pupuk organik menjadi salah satu program pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dhamasraya Annisa Suci Ramadhani-Leliarni jika menang Pilkada. Selain mengatasi persoalan sampah, langkah ini juga memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Annisa Suci Ramadhani pun bakal membangun pabrik pupuk sebagai solusi pengelohan limbah yang bisa membahayakan lingkungan di Kabupaten Dharmasraya.

Namun Annisa menekankan, perlu adanya pembinaan terkait persoalan ini. Dan peran pemerintah dalam hal ini lanjutnya seharusnya menyediakan pabrik pupuk yang dapat menyulap sampah menjadi pupuk organik.

“Nantinya pupuk organik yang dihasilkan dari daur ulang sampah ini, bakal dibagikan kepada para petani untuk bisa meningkatkan hasil panen,” ujarnya.

Alumni Columbia University ini menilai pupuk organik terkenal baik bagi kelangsungan tanah dan hasil panen dalam jangka panjang. Tentunya petani bisa mendapatkan untung lebih nantinya.

Namun untuk rencana lokasi pembangunan pabrik pupuk ini nanti menurutnya perlu dilakukan kajian. “Ybelum dapat ditentukan sekarang, nantinya akan disurvei terlebih dahulu. Ini soal teknis, kita akan tinjau terlebih dahulu lokasi yang pas,” jelasnya.

Pemerintah juga akan membantu dengan alat produksi yang lebih canggih, model packaging terbaru serta pemasaran dengan jangkaun lebih luas untuk pertumbuhan ekonomi Dharmasraya ke depan.

“Sekarang sudah ada teknologi yang membuat pupuk organik setara dengan pupuk kimia, sehingga kita akan olah sampah pasar, rumah tangga dan limbah industri menjadi produk yang memiliki daya jual tinggi,” ujarnya. (***)

What do you think?

Written by virgo

KKP Segera Gelar Muktamar Ke VI

Justien Bieber ceritakan kesepiannya lewat lagu “Lonely”