in

Menerima Mantan Karyawan

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya belum lama ditempatkan di bagian SDM. Beberapa waktu lalu, saya menerima lamaran kerja dari mantan karyawan. Kebetulan keahliannya pas sekali dengan yang dibutuhkan saat ini. Bagaimana advis Bu Rossa? Mikha, Jakarta

Jawaban :

Lazimnya, karyawan yang telah mengundurkan diri tidak ada ikatan lagi dengan perusahaannya terdahulu. Apalagi biasanya karyawan yang telah resign telah bekerja di perusahaan baru. Namun, pada kenyataannya ada juga mantan karyawan yang kembali bekerja di perusahaan lamanya.

Sebenarnya ada beberapa pertimbangan yang mendasari mengapa mantan karyawan dipekerjakan kembali. Pertimbangan umum, biasanya mantan karyawan itu telah memahami dasar-dasar bisnis sehingga tidak memerlukan banyak pelatihan daripada menerima karyawan yang sama sekali baru. Selain itu, mantan karyawan pun mengenal lingkungan kerja dengan baik, baik para pekerjanya, suasananya, sistem kerja, dll. Dan ini memudahkan adaptasi dan sosialisasi yang diperlukan dalam dunia kerja.

Tapi tentu saja, pertimbangan tersebut tidaklah cukup. Banyak hal terkait yang perlu diperhatikan. Karena mempekerjakan mantan karyawan terkadang memang bisa berhasil, tetapi juga bisa gagal. Nah, jika Anda berwenang dalam penerimaan karyawan, pertimbangkan masak-masak sebelum menerima mantan karyawan. Ahli karier Phil Marquist menganjurkan Anda untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum menerimanya:

Evaluasi hubungan Anda dengan mantan karyawan

Periksa kembali secara jujur dan teliti pengalaman Anda terdahulu dengan mantan karyawan itu. Periksalah kertas evaluasi kerja, keluhan-keluhan dan catatan kedisiplinannya. Ingatlah baik-baik bagaimana usaha Anda untuk meningkatkan produktivitasnya, dan bagaimana hasilnya. Lihat kembali, bagaimana situasi dan kondisi kerja saat dia meninggalkan perusahaan Anda. Apakah saat itu bagian yang menjadi tanggung jawabnya sedang menampakkan kemajuan, penurunan, atau sama saja?

Cari tahu bagaimana hubungannya dengan karyawan lain

Ajukan pertanyaan pada karyawan yang pernah bekerja sama dengannya. Mereka bisa mengingatkan Anda pada persoalan-persoalan yang mungkin sudah Anda lupakan. Anda pun akan mengetahui apakah mantan karyawan Anda akan disambut dengan tangan terbuka oleh lingkungan atau tidak. Jika mereka keberatan si mantan masuk kembali dalam lingkungannya, jangan abaikan, pertimbangkan sekali lagi. Karena sangat tidak kondusif mempekerjakan orang yang pernah bermasalah dan tidak diterima dengan baik oleh lingkungannya bukan?

Periksa secara objektif prestasi mantan karyawan

Pertimbangkan bagaimana prestasinya di masa lalu. Apakah dia tergolong karyawan yang kompeten, biasa-biasa saja, atau berkinerja buruk. Jika menyadari bahwa kinerjanya buruk, rasanya sangat tepat jika Anda tidak menerimanya kembali. Bersikaplah objektif, jangan pernah berpikir untuk menerimanya kembali hanya karena kasihan atau pertimbangan subjektif lainnya.

Rekomendasi dari pihak lain

Selain mengonsultasikan dengan rekan-rekan kantor, konsultasikan dengan pihak lain yang pernah berhubungan langsung dengannya, misalnya pelanggan, suplier, klien, dll. Tentukan pula apakah reaksi mereka positif atau negatif.

Periksa kembali referensi dari perusahaannya sekarang atau yang terdahulu

Bagaimanapun pengalaman Anda dengan mantan karyawan Anda jangan terbiaskan oleh pendapat orang lain. Pendapat orang lain semestinya memperkaya pendapat Anda. Amati apakah perusahaan yang sekarang atau pernah mempekerjakan mantan karyawan tersebut memberikan tanggapan dan puas dengan hasil kerjanya? Atau malah mengalami kegagalan?

Apakah Anda memang membutuhkannya?

Pertimbangkan apakah saat ini perusahaan memang sedang membutuhkan penambahan karyawan atau sebaliknya? Apakah penerimaan karyawan hanya bersifat temporer atau tetap? Dan pertimbangkan juga bujet perusahaan sebelum menerima mantan karyawan.

Nah, jika saat ini mantan karyawan mengajukan lamaran, pertimbangkan sekali lagi seluruh hal-hal di atas. Jangan sampai penerimaan mantan karyawan hanya akan menimbulkan penyesalan.

What do you think?

Written by virgo

Hentikan Provokasi SARA

Analisis Dampak Lalulintas Palembang Terabaikan