in

Mengunjungi Objek Wisata Pantai Kata, Ada Atraksi Budaya Tiap Weekend

MEMUKAU: Sejumlah anak-anak sedang menampilkan
pertunjukan tari tradisional di panggung Pantai Kata.(IST)

Inovasi destinasi wisata Kota Pariaman memang tidak ada habisnya. Selain kelengkapan sarana dan prasarana, destinasi wisata di Kota Pariaman juga menyajikan atraksi budaya setiap Sabtu di Pantai Kata. Seperti apa atraksinya?

JIKA berkunjung ke Kota Pariaman, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai Kata. Di objek wisata bahari andalan Kota Pariaman itu saat ini memiliki atraksi budaya.
Pariaman Culture Everyweek (PCE) itu namanya.

Event yang berlangsung setiap Sabtu pukul 16.00 ini merupakan penampilan atraksi budaya yang dikemas dengan sangat menarik yang ditampilkan di Pantai Kata Pariaman.

Pantai Kata yang hanya berjarak sekitar 8 menit dari pusat Kota Pariaman ini, pengunjung bisa menikmati atraksi budaya seperti tari-tarian tradisional di antaranya tari indang, tari pasambahan, tari rantak hingga tarian modern.

Ada juga penampilan seni musik tradisional seperti gandang tasa, talempong hingga musik-musik modern. Tak hanya itu, seni drama musik seperti randai juga sering ditampilkan di PCE ini.

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan minat dan bakat generasi muda dalam melestarikan kebudayaan daerah ditengah perkembangan teknologi, melestarikan penggunaan bahasa Minangkabau kepada generasi muda, dan sebagai sarana edukasi dan hiburan dalam bentuk kegiatan seni.

Peserta akan menampilkan beberapa penampilan kesenian berupa lagu daerah, tarian daerah, alat musik daerah, pantun daerah, dan drama singkat yang menggunakan Bahasa Minang dalam percakapannya.

Uniknya, semua atraksi menarik tersebut ditampilkan oleh siswa SD dan SMP serta SMA di Kota Pariaman secara bergantian. Bahkan event tahunan pengunjung bisa menikmati atraksi silek on the sea. Sebuah atraksi menarik penampilan atraksi silat di laut.

Usai penampilan atraksi budaya, pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Kata. Pengunjung bisa bersantai bersama keluarga dibawah teduhnya pohon cemara yang berjajar sepanjang pantai.

Bagi yang gemar berswafoto, spot intagramable pun tersedia. Ada batu besar yang dicat warna-warni ada juga gazebo diatas batu sehingga bisa berswafoto dengan latar laut dan jajaran pulau.

Untuk wisata kuliner pun sangat lengkap mulai dari wisata kuliner kaki lima hingga wisata kuliner cafe yang menyediakan makanan khas Eropa dan Asia. Jika ingin menginap juga ada hotel yang nyaman di Pantai Kata ini. Nah tunggu apalagi, segera berkunjung ke Pantai Kata Pariaman akhir minggu ini. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mengunjungi Bank Sampah Farila Pot, Sulap Sampah Jadi Produk Inovatif

2023 DD Dipangkas, Pemdes Pastikan Gigit Jari