in

Menpora Dito akan buka Peparpenas X/2023 Sumatera Selatan

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dijadwalkan membuka ajang Pekan Olahraga Paralimpic Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 Sumatera Selatan, pada Selasa (1/8) besok.

Upacara pembukaan Peparpenas X/2023 akan berlangsung di Palembang Sport and Convention Center, mulai pukul 19.00 WIB. Acara tersebut akan mengusung tema utama “Pentas Ekualitas,” yang menggambarkan sebuah pertunjukan kemampuan dari para pelajar penyandang disabilitas untuk mengukir prestasi di bidang olahraga dengan setara.

Pada upacara pembukaan akan terdapat parade rombongan pelajar disabilitas dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka akan berjalan menyusuri panggung dengan diiringi musik khas Sumatera Selatan ditambah dengan visual khas masing-masing provinsi yang ditampilkan digital.

Dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta, Menpora Dito bersyukur Peparpenas edisi 2023 dapat digelar. Sebelumnya, pada edisi 2021 pesta olahraga ini tidak dapat dihelat akibat hantaman pandemi COVID-19.

Ia pun menegaskan bahwa dengan bergulirnya kembali Peparpenas, menjadi bukti bahwa pemerintah tidak abai terhadap para penyandang disabilitas, dan memberikan kesempatan yang sama untuk dapat mengukir prestasi.

“Peparpenas Sumatera Selatan 2023 ini membuktikan bahwa pemerintah memperlakukan secara sama, baik yang disabilitas maupun tidak, dan prstasinya juga tetap kita harapkan,” kata Menpora Dito.

Baca juga: NPC minta menpora terbitkan SK penetapan tuan rumah Peparpas 2024

“Hal ini karena pemerintah berharap dari ajang ini lahir para juara sejati, baik di tingkat nasional atau internasional,” tambahnya.

Dalam pada itu, Ketua Pelaksana yang merupakan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menegaskan bahwa semua persiapan untuk pembukaan Paperpanas X/2023 telah hampir mencapai 100 persen.

Isnanta pun mengingatkan bahwa para penyandang disabilitas bukan manusia yang perlu dikasihani, namun perlu diberikan tempat sejajar selayaknya manusia biasa.

Apalagi para atlet disabilitas terbukti telah mengukir banyak prestasi di kancah Asia Tenggara, bahkan sampai level Olimpiade.

“Karenanya untuk tahun ini kami siapkan kader-kader muda lewat pelajar. Dari pelajar-pelajar ini nantinya yang akan mengisi Indonesia pada event-event resmi seperti Paralimpic dan Asian Games,” pungkasnya.

Peparpenas X/2023 akan berlangsung mulai 1 sampai 5 Agustus, dengan mempertandingkan enam cabang olahraga. Keenam cabang olahraga itu adalah atletik, boccia, catur, renang, tenis meja, dan bulutangkis.

Baca juga: Pertandingan Peparpenas X/2023 dipusatkan di Jakabaring Sport City
Baca juga: Peparpenas beri ruang bicara bagi pelajar dengan kondisi disabilitas

Baca juga: Kemenpora, KONI dan PB PON XXI adakan rapat anggaran PON 2024
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemkot Surabaya optimistis GBT dapat rekomendasi FIFA untuk U-17

Pemprov Sumsel gelontorkan dana hibah Rp12,4 miliar untuk parpol