in

Meriahkan HGN Tahun 2022, Puskesmas Pasar Kuok Gelar Lomba K3 Antar Kelas

Tim penilai lomba K3 antar kelas Puskesmas Pasar Kuok saat turun ke sekolah pada Sabtu (26/11) lalu.(IST)

Untuk mendorong kesadaran masyarakat secara umum tentang arti penting hidup bersih dan sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui jajaran Puskesmas Pasar Kuok, Kecamatan Batang Kapas, melakukan lomba kebersihan kerapian dan keindahan (K3) ruang kelas.

Lomba kebersihan K3 yang digelar melalui momentum Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 itu, diikuti oleh semua Sekolah Dasar (SD) di wilayah tugas Puskesmas Pasar Kuok di Kecamatan Batang Kapas, Sabtu (26/11).

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, mengatakan kemarin (28/11) bahwa pihaknya memang terus mendorong dan memotivasi jajarannya melalui berbagai momen untuk menggalakkan kebersihan di lingkungan masyarakat di daerah itu.

“Salah satu momen yang juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat itu juga melalui HGN tahun 2022. Yakni lomba K3 ruang kelas tingkat SD se wilayah tugas Puskesmas Pasar Kuok Kecamatan Batang Kapas,” katanya.

Dia berharap melalui lomba itu akan tercipta lingkungan kerja yang bersih dan sehat. “Budaya hidup bersih itu sebenarnya bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan kerja, termasuk juga di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Karena melalui lomba K3 ruang kelas itu yang dijadikan sasaran utamanya adalah anak usia sekolah dasar, sehingga tidak tertutup kemungkinan kualitas kesehatan masyarakat Pessel akan semakin membaik lagi kedepannya.

“Saya berharap ini tidak hanya sekedar lomba K3 ruang kelas, namun bisa menjadi kebiasaan atau budaya di lingkungan sekolah menjadikan kebersihan sebagai hal utama yang tidak bisa diabaikan,” harapnya.

Kepala UPT Puskesmas Pasar Kuok, dr Jumatul Rialdi, ketika dihubungi kemarin (28/11) menjelaskan bahwa lomba K3 ruang kelas yang itu merupakan salah satu inovasi yang dilakukannya bersama jajaran dalam memanfaatkan momen HGN tahun 2022.

“Ini kita lakukan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di masa datang. Sebab kesehatan itu akan bisa tercapai bila lingkungannya bersih, indah, dan rapi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sehingga lombanya kita gelar antar ruang kelas,” jelasnya.

Ditambahkannya bahwa lomba itu diikuti semua SD yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pasar Kuok, dengan tim penilai berasal dari jajaran Puskesmas Pasar Kuok sendiri.

“Perlu juga diketahui, lomba ini bukan untuk mencari siapa yang juara, namun lebih kearah bagaimana kita bisa menciptakan kondisi lingkungan kerja yang bersih dan sehat. Sehingga bisa meningkatkan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat,” timpalnya. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sumbar Kunci Peringkat 5 Besar, Pomnas XVII Ditutup Menpora

PLN Journalist Award 2022, Momen Wartawan Gelorakan Semangat Energi Bersih