in

Moosa Edufarm, Tempat Piknik yang Pas Buat Anak-anak

Moosa Farm, tempat pembibitan sapi wagyu (sapi hitam asal Jepang), resmi dibuka untuk umum. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan pembukaan “Moosa Edufarm”, Selasa (21/7/2020).

“Edufarm adalah wisata alam atau biasa disebut dengan wisata pendidikan. Edufarm sangat penting bagi pendidikan anak Indonesia , terlebih untuk anak-anak PAUD, TK, dan SD. Mengapa edufarm sangat penting? Anak-anak zaman sekarang cenderung suka pada gadget, yang membuat mereka manja dan malas. Sebaiknya anak-anak lebih diajak untuk mencintai alam, mengenal makhluk hidup ciptaan Tuhan. Ini terjadi akibat kurangnya perhatian orangtua. Sekolah juga notabene lebih banyak belajar di dalam kelas saja,” ungkap dr Ivan Sini SpOG, owner PT Moosa Genetika Farmindo, Selasa (21/7/2020).

Hal itu dikatakan Ivan Sini saat me-launching Moosa Edufarm yang juga dihadiri Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH, Guru Besar Fakultas Pertanian Unand Prof Dr Ir Helmi MSc, dan tamu undangan lainnya.

Moosa Farm berada di daerah sejuk Rawang Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, pada areal 2,5 hektare dengan pemandangan yang indah.

Kegiatan yang ada dalam fasilitas Moosa Edufarm, anak-anak bisa belajar memerah susu sapi, melihat pengolahan produk olahan susu menjadi keju mozzarella, ice cream, gelato, dan yogurt. “Produk-produk hiliran tersebut bisa langsung didapatkan saat piknik ke Moosa Edufarm,” ujar Ivan Sini.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa melihat proses produksi dan pengolahan teh hijau dan teh hitam. Juga terdapat lahan buah strawberry yang bisa dipetik oleh pengunjung. “Dan yang juga menarik di Moosa Edufarm ini, pengunjung usia anak-anak bisa memberi makan kelinci dan juga burung hias,” tambah Ivan Sini.

Selama masa pandemi corona, Moosa Edufarm membatasi jam operasional hanya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Ada empat sesi jam kunjungan berdurasi 1 jam yakni; jam 09.00-10.00, 10.00-11.00, 11.00-12.00, dan 13.00-14.00. Pengunjung per sesi juga dibatasi 20 orang saja, dan wajib mengikuti protocol kesehatan. Reservasi bisa melalui WA 082171107077 atau melalui IG @MoosaEdufarm.

“Produk Moosa Farms seperti susu RTD, ice cream, gelato, dapat juga dinikmati di counter yang akan kami buka dalam waktu dekat di Sooki House di Jalan Proklamasi Padang, bertempat di Rumah Gadang RS BMC Padang,” jelas Ivan Sini.

Terakhir, kata Ivan Sini, Moosa Farm juga melakukan kolaborasi dengan produk local yang mendukung produk olahan susu seperti cokelat dan kopi untuk meningkatkan local brand di Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan kini masyarakat Sumbar punya alternatif untuk piknik sembari mengedukasi anak-anak. Kebiasaan orang Minang yang tidak suka minum susu, bisa diubah pada anak-anak jika dikenalkan dengan Moosa Farm. Lokasinya bersih dan tidak bau.

“Selama ini kita mengenal peternakan sapi di Padang Mangateh, Payakumbuh. Di sana pengunjung hanya untuk swafoto. Apa yang dilakukan Moosa Farm saya amati lebih dari itu. Seperti yang disampaikan tadi, anak-anak bisa belajar banyak hal di Moosa Edufarm,” ujar Irwan Prayitno. (hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Orangtua Mulai Mengeluhkan Proses Belajar Daring

Sebagai Stimulus Ekonomi, Pemerintah Bayarkan Gaji ke-13 Agustus