in

MTs Negeri 1 Pasaman, Didaulat Jadi Wakil Sumbar di PBN Kalsel

AKTIF: Salah satu kegiatan pramuka yang dilaksanakan oleh para siswa MTsN 1
Pasaman.(IST)

Kontingen Kwarcab Pramuka Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh pelajar MTsN 1 Pasaman pada Lomba tingkat 4 Kwarda Sumatera Barat yang dilaksanakan di tiger camp di Lubuk Minturun, sukses meraih prestasi gemilang.

Buktinya dia juga mendapatkan kesempatan untuk mewakili Sumbar mengikuti Perkemahan Bela Negara (PBN) di Kalimantan Selatan.

Kepala MTSN 1 Pasaman, Ade Pabrian mengungkapkan, keberhasilan peserta didik tersebut bukan hanya mengharumkan nama sekolah dalam bidang kepramukaan saja, melainkan juga mengharumkan Kabupaten Pasaman dan juga Sumbar.

Kemudian, keberhasilan juga tidak terlepas dari dukungan wali murid dan pemerintah kabupaten Pasaman. “Alhamdulillah, siswa kita utusan Kwartir Cabang 0308 Gerakan Pramuka Pasaman ini nantinya akan mengikuti kegiatan Kemah Bela Negara tingkat nasional di Bumi Perkemahan Provinsi Kalimantan Selatan, pada 10-16 Juni nanti,” ungkapnya.

Selain OSIS sebagai induk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, MTSN 1 Pasaman juga aktif dalam ekskul kepramukaan, ekskul PIK-KPR, Drumband dan baru-baru ini juga meluncurkan ekskul robotik yang ditandai dengan menjalankan robot jenis sumo yang dirakit dan diprogramkan oleh siswa dan guru.

Lahirnya ekskul robotik MTsN 1 Pasaman ini diinisiasi oleh dua orang siswa dan guru pendamping yaitu Yuwanfito Firnaldi Yusuf dan Fatur Rahman kelas VII.1 dengan pembimbing yaitu Ahsanul Bin Zaini dan Jaya Nasa Perta.

Dengan peluncuran ekskul robotik pada 29 Agustus lalu, pastinya menjadi sejarah baru bagi madrasah, dan kemajuan dunia robotik di MTsN 1 Pasaman dan Kabupaten Pasaman.

“Selain belajar pengetahuan umum dan ilmu agama, madrasah juga harus sudah akrab dan dekat dengan kecanggihan teknologi. Selagi dapat mengembangkan ilmu pengetahuan peserta didik, kita juga mempersilahkan siswa memilih ekskul sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” terangnya.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial, yang didalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri. Dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.

Diungkapkan, untuk tahun ajaran 2022/2023, total siswa MTsN 1 Pasaman mencapai 4.875 Siswa. Guna memberikan pendidikan tambahan dan menghilangkan kejenuhan peserta didik belajar dalam ruang kelas, pihak sekolah menyeimbangi dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.

Sementara untuk tahun ajaran mendatang, sekolah masih membuka peluang bagi siswa untuk menambah ilmu pengetahuan untuk melanjutkan pendidikan di MTsN 1 Pasaman.
“Kita membuka peluang bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di MTsN 1 Pasaman,” akunya. (Andika Siregar, WARTAWAN PADANG EKSPRES)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim Pora Berperan Mendukung Investasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Mentawai Dapat Perlakuan Khusus, Peluang Timba Ilmu ke AS Terbuka Lebar