in

Nadia Mulya Jadi Ibu ASI

Artis dan presenter Nadia Mulya sukses menjadi ibu ASI. Dari tiga buah hatinya, seluruhnya adalah bayi atau anak ASI. Sebab Nadia berhasil memberikan ASI eksklusif sampai usia bayi enam bulan.

“Dari seluruh pengalaman menyusui dengan ketiga anak saya, saya sukses berikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan melanjutkan selama mereka mau,” kata Nadia dalam konferensi pers, Kamis (31/8).

Nadia mengaku sangat paham manfaat ASI. Saat ini dia merasa bahagia melihat ketiga anaknya itu dapat tumbuh dan berkembang sesuai tahapannya tanpa ada kendala yang mengganggu kesehatan maupun kecerdasan mereka. Anak ASI tentu jauh lebih kuat dan sehat selama masa tumbuh kembang. Selain itu, ikatan antara ibu dan anak ASI sangat kuat secara batin.

“Saya dan ketiga anak saya juga memiliki kedekatan tersendiri, karena diperkuat sejak masa menyusui. Untuk itu, saya sangat mendukung para ibu untuk bisa menyusui kapan pun, dan di mana pun buah hati membutuhkan,” katanya.

Nadia memahami keberhasilan ASI tak lepas dari dukungan suami serta pemahaman ibu cerdas dalam mengonsumsi asupan nutrisi. Dukungan keluarga inti juga sangat mendorong volume ASI lebih banyak.

“Mama pintar bisa menjaga asupan nutrisi dan memperoleh dukungan dari keluarga. Konsistensi saya juga didorong keluarga dan para kerabat yang selalu setia mendampingi selama proses menyusui,” jelas Nadia.

Di tempat yang sama, Psikolog Keluarga Irma Gustiani mendorong para ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui untuk optimis mampu memberikan ASI eksklusif hingga dua tahun. 

Dia mengakui ada kalanya proses menyusui terhambat karena faktor psikologis bunda, baik itu stres karena perubahan gaya hidup dan tanggung jawab yang lebih besar atau malu menyusui di tempat umum.

“Untuk membantu meringankan beban ibu menyusui dan memacu kepercayaan dirinya, keluarga terutama suami perlu memberikan dukungan dan kasih sayang. Kita semua juga diharapkan dapat bantu mewujudkan lingkungan yang ramah menyusui atau ruang laktasi,” tegasnya. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Sejumlah Masjid/Mushala Sembelih Hewan Kurban Hari Ini

Meninggalkan Agama Memilih Selingkuh