in

NASA Berhasil Luncurkan Roket Artemis, Selangkah Lebih Dekat dengan Misi ke Bulan

PROHABA.CO – Roket Bulan NASA yang baru telah diluncurkan pada penerbangan debutnya dengan tiga boneka uji di dalamnya.

Amerika Serikat (AS) kini selangkah lebih dekat untuk menempatkan astronot kembali ke permukaan bulan untuk pertama kalinya sejak akhir program Apollo 50 tahun yang lalu.

Jika semua berjalan baik selama tiga minggu, penerbangan penggeledahan make-or-break, roket setinggi 32 lantai akan mendorong kapsul awak kosong ke orbit luas di sekitar Bulan, dan kemudian kapsul akan kembali ke Bumi dengan percikan di Pasifik pada bulan Desember.

Peluncuran tersebut menandai dimulainya program andalan baru badan antariksa itu, Artemis.

“Kami akan pergi,” tweet badan antariksa, Rabu (16/11/2022) pagi.

Baca juga: Nenek yang Ditendang di Tapsel Ternyata Masih Muda

Setelah bertahun-tahun tertunda dan miliaran biaya membengkak, roket Space Launch System bergemuruh ke langit, naik dari Kennedy Space Center dengan daya dorong 4 juta kilogram dan mencapai 160 kilometer per jam dalam hitungan detik.

Kapsul Orion bertengger di atas, siap untuk keluar dari orbit Bumi menuju Bulan tidak lebih dari dua jam setelah penerbangan.

Moonshot mengikuti hampir tiga bulan kebocoran bahan bakar yang menjengkelkan yang membuat roket memantul di antara hanggar dan landasannya.

Badan antariksa Amerika berhasil menutup kebocoran pada Selasa malam sambil mengisi bahan bakar roket untuk peluncuran tengah malam.

NASA mengharapkan 15.000 orang memadati Kennedy Space Center untuk peluncuran, dengan ribuan lainnya berbaris di pantai dan jalan di luar gerbang.

Baca juga: Oliver Giroud Persembahan 2 Gol untuk Lucas Hernandez

Andrew Trombley, seorang penggila luar angkasa dari St Louis, Missouri, dengan cemas mengharapkan lepas landas yang sukses.

“Saya sudah ke sini beberapa kali untuk melihat hal ini naik dan membatalkannya, jadi, ini seperti, apa pun, perjalanan ketiga ke sini untuk ini, jadi saya senang melihatnya pergi,” kata insinyur itu.

“Saya terlalu kecil untuk misi Apollo, jadi saya ingin berada di sini secara langsung.”

Debut roket Space Launch System, yang dikenal sebagai SLS, memiliki tiga boneka uji tetapi tidak ada astronot di dalam kapsul awak di atasnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Siap Jadi Legislator Senayan

Hari Guru Nasional, MAN Aceh Singkil Bentangkan Karpet Merah Untuk Menghormati Guru