in

NasDem Ajukan RUU PKS Sebagai Prolegnas Prioritas

Jakarta, BP–Anggota Badan Legislasi (Baleg) Partai NasDem Taufik Basari mengatakan, partainya mengusulkan 12 Rancangan Undang-Undang (RUU) ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020-2024 dan 5 RUU prioritas untuk Prolegnas 2020 dalam Rapat Badan Legislasi DPR RI.

Anggota Baleg Partai Nasdem Taufik Basari

 

 

“Partai NasDem berharap beberapa RUU krusial yang diajukan NasDem dapat masuk dalam Prolegnas 2020. Salah satu yang diajukan adalah RUU Penghapusan Kekerasan Seksual,” ujar Taufik yang juga Ketua Kelompok Fraksi Partai NasDem di Jakarta, Selasa (3/12).
Menurut Taufik, selain RUU PKS, Partai NasDem juga mengajukan RUU tentang Advokat, RUU tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, RUU tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi di Tanah Papua, RUU tentang Masyarakat Hukum Adat sebagai usulan Fraksi NasDem ke dalam Prolegnas 2020.
“Kami juga mengajukan RUU yang akan menggunakan metode Omnibus Law yakni Kitab Undang-Undang Hukum Administrasi Umum yang diharapkan dapat menyatukan pengatutan tentang administrasi yang tersebar di berbagai undang-undang” kata Taufik.
Saat ini kata dia, Badan Legislatif DPR RI tengah menyelesaikan tugas untuk menyusun Prolegnas termasuk prolegnas prioritas 2020. Baleg telah minta usulan dari Komisi-Komisi, Fraksi dan anggota untuk menyampaikan usulan RUUnya. Seluruh Komisi telah memasukkan usulan, begitu pula fraksi NasDem.
Dia menambahkan 12 RUU usulan Fraksi NasDem untuk Prolegnas 2020-2024 yaitu RUU tentang Kitab Undang-Undang Hukum Administrasi Umum, RUU tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi di Tanah Papua, RUU tentang Masyarakat Adat, RUU tentang Penyelenggaraan Sumbangan, RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, RUU Perubahan atas Undang-Undang No. 8 Tahun 2003 tentang Advokat, RUU Penyadapan, RUU tentang Sistem dan Bantuan terhadap Korban Kejahatan dan Perlindungan Saksi, RUU Perampasan Aset, RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, RUU tentang Pendidikan Kedokteran Hewan, RUU tentang Kesehatan Hewan termasuk prolegnas prioritas 2020.#duk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sri Mulyani sebut pola ketidakpastian global sekarang berbeda

Rashford antar United hentikan awal sempurna Mourinho bersama Tottenham