in

Nominasi Kelurahan Berprestasi, Pegambiran Nan XX Optimistis jadi Terbaik

Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Padang 2023 mendatangi Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX, Jumat (5/5).

PADEK.C0—Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung (Lubeg) dinilai Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang 2023, Jumat (5/5).

Penilaian ini karena suksesnya Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX masuk nominasi 4 besar dalam penilaian Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang 2023.

Kedatangan tim penilai disambut Sekretaris Camat Lubeg Fauzil Mahfuz, para lurah se-Kecamatan Lubeg, unsur Forkopimca, Ketua TP PKK Kecamatan Lubeg Adela Heriza Syafani, kepala Puskesmas, ketua LPM, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, pengurus RT/RW, elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Sekretaris Camat Lubeg Fauzil Mahfuz mengatakan, Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX punya kelebihan dibandingkan kelurahan lainnya. Kolaborasi lintas sektor dan stakeholders di kelurahan ini terjalin sangat baik.

Program-program kelurahan maupun program Pemko Padang berjalan baik di kelurahan ini. Terutama pembinaan terhadap UMKM, dimana produknya pernah meraih penghargaan tingkat nasional.

”Jadi, hal inilah yang menjadi pembeda Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX dengan kelurahan lainnya di Kecamatan Lubeg,” jelasnya.

Ia optimistis Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX mampu meraih hasil yang terbaik dan menjadi Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang 2023 dan mewakili Kota Padang ke tingkat provinsi.

Lurah Pegambiran Ampalu Nan XX Syafni Nora mengatakan sejak diamanahkan sebagai lurah pada 6 Desember tahun 2021 lalu, sudah banyak program atau inovasi-inovasi yang dilahirkan.

Program Kelurahan Bersinar (bersih narkoba). Kegiatan ini bekerja sama dengan BNN Sumbar dengan membentuk agen-agen pemulihan. Salah satu kegiatannya membentuk ketahanan keluarga.

Program Rabu Berseri (bersedekah Rabu pagi). Kegiatan ini dilaksanakan setiap Rabu pagi, dimana sedekah dari masing-masing RW kemudian disalurkan kepada warga yang membutuhkan di RW setempat.

Lalu ada kegiatan ”Sumargo” (sunday mari bergotong royong). Ini mendukung program Wali Kota Padang yakni Padang Bergoro yang dilaksanakan di minggu pertama dan ketiga di wilayah RT/RW masing-masing.

Kemudian kegiatan gemar membaca. Pihak kelurahan menyediakan ruang/pustaka mini dalam rangka mendorong dan menumbuhkan minat warga untuk membaca. Lalu Program ”Bersila” (beternak ikan nila) serta sejumlah program pembangunan infrastruktur dan inovasi lainnya.

”Bahkan Kelurahan Pegambiran juga menjadi salah satu kelurahan di Kota Padang sebagai tempat pelaksanaan Latihan Integrasi dan Kemitraan Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIII/2023 yang dilaksanakan 15 Mei hingga 7Juni 2023,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang, David Ferdinand mengatakan Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX masuk 4 besar untuk dinilai menjadi kelurahan terbaik bersama Kelurahan Kampung Lapai, Lolongbelanti, dan Kelurahan Beroknipah.

Dalam penilaian ini, ada tiga bidang yang dinilai yakni bidang pemerintahan, bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang kewilayahan.

”Kunjungan kami ini untuk mengecek dan melihat apakah ekspose yang disampaikan oleh lurah sesuai dengan realita di lapangan, atau malah sebaliknya,” kata David.

Tim penilai ini beranggotakan unsur Bappeda, Bagian Pemerintahan, DP3AP2KB, Bagian Kesra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Diskominfo dan Dinas Kesehatan. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tips Cari Kos-kosan yang Nyaman dan Terjangkau

Gegara Anggota DPR, SPBU di Lubukbasung Mendadak Berhenti Operasi, Warga Panik