in

Obama Ngobrol Santai dengan Jokowi

Hujan gerimis turun saat Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sedang ngobrol santai di area garden Grand Garden Cafe and Resto, sore kemarin (30/6). Padahal obrolan mereka baru sekitar sepuluh menit. Hidangan teh hangat dan jajan pasar pun ditinggal. Mereka pindah ke area edelweis yang beratap tapi tetap dengan pemandangan sama, kebun raya Bogor yang hijau.

Pertemuan itu memang bukan jamuan kenegaraan yang resmi. Jokowi mengundang Obama sebagai seorang teman. “Jamuan teh hangat itu atas permintaan tertulis dari Presiden Jokowi setelah Obama tidak lagi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat,” kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin usai pertemuan itu.

Obama yang mengenakan baju biru lengan panjang itu sampai di Istana Bogor tepat pukul 15.30 sesuai jadwal. Jokowi datang menyambut ditemani ibu negara Iriana Joko Widodo dan putra bungsu mereka Kaesang Pangarep. Kaesang turut ngobrol singkat sebelum mereka masuk ke dalam Istana. Usai mengisi buku tamu dan melihat halaman belakang istana dari beranda, Jokowi berdua dengan Obama naik golf car ke Grand Garden Cafe and Resto. Iriana dan Kaesang naik mobil lain di belakang.

Saat masuk ke dalam resto, Obama menunjukan sikap santunnya. Dia menyapa para pegawai resto yang berdiri di balik meja kasir. “Kami disapa selamat sore. Kaget juga disapa pakai bahasa Indonesia gitu. Tapi, seneng banget,” ujar Asti Noviar Fatmawati, karyawan Grand Garden Cafe and Resto.

Nunung, rekan Asti juga mengaku kaget dengan keakraban yang ditunjukan Obama. Bahkan, dia pun sempat bersalaman dengan mantan orang nomor satu di negeri paman sam itu. “Ingin foto bareng sebenarnya. Tapi, tidak boleh. Kami maklum penjagaanya ketat sekali,” ujar Nunung yang sudah empat tahun bekerja di resto tersebut.

Menu yang disajikan untuk Obama antara lain jajan pasar berupa serabi durian, onde-onde, talam budi, kue mangkok, panada cakalang dan lemper ayam. Sedangkan minuman yang disediakan adalah teh tawar dan es kelapa dalam batok. Sajian itu dihidangkan saat Jokowi dan Obama ngobrol santai di teras bawah. 

Tapi, sekitar sepuluh menit mereka berbicara santai dengan penuh canda gerimis datang. Mereka pun pindah ke area edelweis yang lebih tinggi. Di tempat itu mereka ngobrol lebih lama lagi hanya berdua sambil menikmati tiga buah bakso daging dan teh hangat. Disiapkan pula fresh orange juice dan es kelapa muda di batok. Kaesang dan Iriana berada di meja lain yang terletak di belakang.

“Ngomongnya pakai bahasa Inggris. Mereka (Jokowi dan Obama) terlihat senyum dan tertawa,” ujar Nunung yang melihat langsung pertemuan tersebut. Dia sempat mengabadikan beberapa foto pertemuan tersebut.

Bey menuturkan pertemuan Jokowi dan Obama itu ternyata lebih lama dari yang dijadwalkan. Semestinya Obama diagendakan meninggalkan restoran pukul 16.15. Tapi, Obama baru keluar sekitar pukul 16.30. “Pembicaraanya benar-benar private, hanya berdua saja,” kata Bey.

Sebelum meninggalkan restoran, Obama kembali berpamitan dengan para pegawai. Nunung menuturkan Obama lagi-lagi mengucapkan dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih. “Dia bilang terima kasih. Lalu es kelapa enak dan bakso enak, dikit-dikit gitu. Mungkin karena baru bisa Bahasa Indonesia,” imbuh Nunung. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Menkominfo: Waspadai Virus Petaya

Nadhiva Berharap Berkah Idul Fitri