in

Padek-Paragon Go to School di SMAN 1 Pariaman, Siswanya Antusias

Harian Padang Ekspres (Padek) bersama PT Paragon Technology and Innovation menggelar kegiatan Padek-Paragon Go to School 2022 di SMAN 1 Pariaman, Senin (18/7/2022). Padek-Paragon Go to School ini merupakan kegiatan Literasi Pelatihan Jurnalistik dan Pengembangan Diri Berwirausaha (entrepreneur) bagi guru dan siswa di 15 SMA di Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin membuka acara Padek-Paragon Go To School 2022 di SMAN 1 Pariaman yang merupakan sekolah kedua yang dikunjungi setelah SMAN 1 Padang.

“Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Harian Padang Ekspres bersama Paragon yang telah menggelar kegiatan yang tujuannya untuk memotivasi anak-anak kita di SMAN 1 Pariaman terkait literasi dan pojok baca,” ujar Mardison.

Wawako mengatakan kegiatan ini tak luput dari dukungan dari Dinas Pendidikan Sumbar dan SMAN 1 Pariaman. Kita yakin kegiatan ini sangat positif serta dapat mengembangkan wawasan anak didik.

“Pemko Pariaman telah berupaya untuk memutus mata rantai kemiskinan dengan menggratiskan pendidikan mulai dari Program Wajib Belajar 12 tahun dan Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja). Hal ini menunjukkan bahwa Pemko Pariaman sangat konsisten terhadap dunia pendidikan di Kota Pariaman,” sebutnya.

Mardison tegaskan, tidak ada lagi namanya anak-anak Kota Pariaman yang tidak sekolah karena alasan biaya karena semua sudah digratiskan.

Ia menambahkan bahwa Pendidikan itu adalah hal yang sangat penting dalam kemajuan daerah. Kemajuan suatu daerah tidak melulu hanya pembangunan fisik dan infrastruktur saja, lebih dari itu sumber daya manusianya harus maju juga.

Mantan Ketua DPRD tiga periode ini juga memotivasi siswa-siswi SMAN 1 Pariaman agar punya cita-cita yang tinggi. Anak-anak kita ini adalah generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan di Kota Pariaman ini nantinya.

Wawako berharap siswa-siswi SMAN 1 Pariaman mengikuti dengan serius kegiatan ini sampai selesai, sehingga anak-anak dan guru bisa terampil menulis.

Direktur Harian Pagi Padang Ekspres, Muhammad Nazir Fahmi mengatakan, kegiatan Padek-Paragon Go to School 2022 di SMAN 1 Pariaman hari ini adalah yang kedua setelah pembukaan di SMAN 1 Padang.

Kegiatan ini untuk melatih peserta tentang literasi jurnalistik termasuk tentang kode etik jurnalistik di media massa, serta memberi pemahaman juga tentang bagaimana menulis dan berinteraksi lewat media sosial.

“Terima kasih kepada PT Paragon Technology and Innovation yang telah mendukung kegiatan ini. Kita berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat baik untuk guru maupun siswa yang mengikuti,” ulasnya.

Ia menjelaskan bahwa PT Paragon Technology and Innovation merupakan perusahaan kosmetik lokal terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1985 dan telah mengembangkan lima brand besar yakni, Wardah, Emina, dan Kahf.

Kepala SMAN 1 Pariaman, Elfi Junaida menyampaikan, guru harus membangkitkan potensi yang ada pada muridnya salah satunya bakat anak dalam menulis literasi. “Terima kasih atas program Padek-Paragon Go to School ini, mudah-mudahan lebih banyak lagi programnya yang menyentuh dunia pendidikan. Kita berharap dengan kegiatan ini, semua bakat anak-anak muncul karena semangat bapak/ibu semua,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini, Kacabdin Pendidikan Wilayah 2 Abinul Hakim, utusan PT Paragon Azzah dan Kabid IKP Dinas Kominfo Pariaman Elfadri. Sedangkan pemateri di hari ke-2 ini adalah Koordiantor Liputan (Korlip) Padang Ekspres, Eka Rianto dengan presentasi berjudul; Media Massa Menangkal Berita Hoaks. Kemudian, HRD Paragon Elsa Mayori dengan materi Self Discovery Kenali Dirimu Raih Cita-citamu.

Acara dilanjutkan, penyerahan cindera mata dari PT Paragon Technology and Innovation dan Padang Ekspres kepada Wakil Wali Kota Pariaman. Acara pun dilanjutkan talkshow Padang Ekspres dan PT Paragon Technology and Innovation tentang teknologi dan inovasi, serta literasi dan pengembangan diri.

Setelah di SMA Negeri 1 Padang dan SMAN 1 Pariaman, Padek-Paragon Go to School selanjutnya akan digelar di SMA INS Kayutanam (19 Juli 2022), SMAN 1 Lubukbasung (21 Juli 2022), SMAN 2 Painan (23 Juli 2022), SMAN 1 Sumatera Barat (25 Juli 2022), SMAN 1 Bukittinggi (26 Juli 2022), SMAN 1 Lubuksikaping (28 Juli 2022), SMAN 2 Payakumbuh (1 Agustus 2022), SMAN 1 Lareh Sago (2 Agustus 2022), SMAN 1 Batusangkar (4 Agustus 2022), SMAN 2 Sumatera Barat (6 Agustus 2022), SMAN 1 Solok (8 Agustus 2022), SMAN 1 Sawahlunto (10 Agustus 2022) dan MAN 1 Sijunjung (11 Agustus 2022). (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Fadly Amran akan Kukuhkan Pengurus Badan Wakaf Indonesia Padangpanjang

Ustaz Syafiq Basalamah-Andre Rosiade Doakan Keberkahan Indonesia