in

Pasar Murah Ringankan Ekonomi Warga

PT Astra International, Tbk menggelar pasar murah Ramadhan di salah satu Kampung Berseri Astra (KBA) di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hilaran Gumanti Kabupaten Solok pada Sabtu (17/6).

Pasar murah ini bagian dari program Astra International dalam mendukung program pasar murah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag).  

Aksi sosial ini membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang Lebaran di 107 lokasi di Indonesia dengan total penyebaran sekitar 55.000 paket sembako murah.

“Pasar murah Astra International ini bentuk kepedulian Astra untuk negeri sebagai wujud filosofi Catur Dharma Astra yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Ketua Grup Astra untuk wilayah Padang, Iman Nurcahyo usai membuka pasar murah Astra International di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Mualimin Tabek, Nagari Talang Babungo.

Dalam pasar murah ini, PT Astra International menyediakan sekitar 55.000 paket sembako dengan harga jual Rp 50 ribu per paket. Khusus Jorong Tabek disediakan 500 paket.  

”Setiap paket harganya Rp 100 ribu. Karena ini pasar murah, maka kami berikan subsidi/diskon Rp 50 ribu atau setengah harga, sehingga masyarakat hanya beli paket seharga Rp 50 ribu per paket sembako. Uang dari penjualan paket sembako di pasar murah ini akan diserahkan 50 persen ke pengelola MIS Tabek untuk pengembangan sekolah, dan 50 persen dimanfaatkan untuk pembangunan Kampung Berseri Astra (KBA) di Jorong Tabek,” ungkap Iman. 

Pantauan Padang Ekspres di lokasi pasar murah, tampak antusias masyarakat cukup besar. Meski pasar murah belum dimulai, namun masyarakat sudah nampak memadati gedung pertemuan itu.

Warga tampak berdesak-desakan mendapatkan paket yang berisi dua liter minyak goreng, masing-masing dua kg beras, tepung terigu, dan gula serta satu botol sirup manis. 

”Paket yang dijual sangat murah. Jika dibeli di warung, harganya pasti lebih dari Rp 100 ribu,” kata Erniati, 55, salah seorang warga Jorong Tabek.

Sementara Wali Nagari Talang Babungo, Zulfatriadi mengapresiasi PT Astra International, Tbk yang telah menggelar Pasar Murah di Jorong Tabek yang jauh dari pasar. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Sistem Whistleblowing Mendesak di Daerah

Puaskan Dahaga