in

Pasar Simabur Terbaik I Pangan Aman

TERBAIK: Pengelola Pasar Simabur Nazirwan didampingi
Sekretaris Nagari Simabur Niko Saputra, saat terima penghargaan di Jakarta, Kamis (19/10).(IST)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menetapkan Pasar Simabur di Kecamatan Pariangan, Tanahdatar, menjadi terbaik I sebagai Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas 2023 untuk Regional Barat.

Penilaian pasar pangan sehat merupakan upaya dalam mewujudkan pasar tradisional yang nyaman, khususnya terkait keamanan produk pangan yang dijual di pasar melalui Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas.

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Rita Endang kepada Pengelola Pasar Simabur Nazirwan didampingi Sekretaris Nagari Simabur, Niko Saputra, di Jakarta, Kamis (19/10).

Sekretaris Nagari Simabur, Niko Saputra menyebutkan, Pasar Simabur memiliki nilai plus saat verifikasi lapangan. Waktu penilaian lapangan Pasar Simabur bersih dari sampah dan tidak berbau sehingga membuat tim verifikator kagum.

Pasar Simabur, kata dia, memiliki Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag) dengan budi daya maggot sebagai salah satu upaya meminimalisir dan pengolahan sampah pasar.

“Berangkat dari situ, Alhamdulillah, Pasar Simabur memenuhi semua kriteria yang ditetapkan BPOM RI dan dinyatakan menjadi terbaik satu Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas untuk Regional Barat,” kata Niko.

Capaian ini menurutnya, tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah. Dia berharap Pasar Simabur tidak hanya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat tapi juga meningkatkan Pendapatan Asli Nagari (PAN) ke depannya.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Bupati Tanahdatar yang telah mendukung kami, karena pada penilaian tersebut kami merasa tidak sendiri, banyak OPD yang hadir dan berkolaborasi bersama,” ucapnya.

Bupati Tanahdatar Eka Putra mengucapkan selamat kepada Nagari Simabur yang telah meraih penghargaan kategori Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Bupati berharap penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi untuk pasar-pasar nagari lainnya di Tanahdatar. (stg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Indonesia-Arab Saudi Sepakat Perkuat Kerja Sama Melalui Dewan Koordinasi Tertinggi

Masyarakat Diingatkan Jauhi Paham Radikal