in

PDIP Usung Kembali Jokowi Calon Presiden

Presiden Joko Widodo (tengah) berjalan bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kanan) dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang juga kader PDIP Puan Maharani (kiri) seusai pembukaan Rakernas III PDIP di Sanur, Bali, Jumat (23/2). Dalam rakernas tersebut telah diputuskan untuk mencalonkan kembali Joko Widodo sebagai calon presiden 2019-2024. ( ant/Nyoman Budhiana  )

Denpasar ( Berita ) :  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memutuskan mengusung kembali Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.

“PDI Perjuangan melalui Ibu Megawati Soekarnoputri sudah merespons harapan. Jadi, ini sebenarnya semacam pengukuhan kembali, mengingat pada tanggal 14 Maret 2014, Ketua Umum sudah menetapkan Pak Jokowi saat itu sebagai calon presiden,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai acara Pembukaan Rakernas III PDI Perjuangan yang berlangsung tertutup itu di Sanur, Denpasar, Jumat [23/2] Petang.

Menurut Hasto, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri langsung menyampaikan keputusan politik mengusung kembali Joko Widodo dalam pembukaan rakernas.

“Ini sesuai dengan tradisi yang dibangun PDI Perjuangan, selalu mendorong kader. Melalui kaderisasi kepemimpinan di internal partai, melalui sekolah calon kepala daerah. Jadi, mereka yang berprestasi di mata rakyat maka selalu mendapatkan kesempatan untuk menjabat kembali,” ucap Hasto.

Tradisi tersebut, tambah dia, selalu dibangun oleh Ketua Umum PDI Perjuangan sehingga merupakan bagian dari mekanisme kelembagaan kepemimpinan yang makin matang dan autentik. Terkait dengan hasil rakernas yang memutuskan mengusung kembali Joko Widodo sebagai capres, lanjut dia, tentu akan dibicarakan kembali dengan partai koalisi.

“Ini sebagai sebuah keputusan politik yang telah diambil oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan ini merupakan sebuah momentum yang menurut kalkulasi politik dan seluruh suasana kebatinan dari kader PDI Perjuangan yang disampaikan oleh Bu Mega. Tentu saja kami akan terus melakukan dialog setelah keputusan politik ini diambil,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andreas Hugo Pareira menambahkan bahwa dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas keputusan yang telah diambil oleh pimpinan tertinggi partai berlambang banteng gemuk tersebut.

“Pak Jokowi menyampaikan terima kasih bahwa itu disampaikan secara langsung oleh Ibu Ketua Umum dan merasa terhormat karena partai ideologis yang mengawal mimpi perjuangan rakyat, itu memberikan kehormatan untuk menjadi calon presiden kembali,” ucap Hugo Pareira.

Rakernas III PDI Perjuangan yang berlangsung di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar itu dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang saat itu mengenakan kemeja lengan panjang berwarna merah dan celana panjang hitam. (ant )

What do you think?

Written by Julliana Elora

37.920 Warga Deliserdang Terima Bantuan PKH

Jaksa Musnahkan Sabu Hingga Uang Palsu