Baca Juga
Berikut ini adalah Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 di sekolah.
Pendampingan
pelaksanaan kurikulum adalah pemberian bantuan teknis operasional perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum kepada sekolah (terutama guru
dan kepala sekolah) yang diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota.
pelaksanaan kurikulum adalah pemberian bantuan teknis operasional perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum kepada sekolah (terutama guru
dan kepala sekolah) yang diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota.
Tujuan
pendampingan :
pendampingan :
- Sasaran
utama pendampingan adalah guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Bagi guru,
tujuan utamanya adalah bahwa guru meningkat keterampilan operasionalnya dalam: menyusun
RPP; - menyusun
instrumen penilaian; - melaksanakan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based
learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti; - melaksanakan
penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
dan - menyelesaikan
hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.
Sementara
itu, bagi kepala sekolah, diharapkan mereka meningkat keterampilan praktiknya
dalam:
itu, bagi kepala sekolah, diharapkan mereka meningkat keterampilan praktiknya
dalam:
a.
menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif;
menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif;
b. mengelola
pelaksanaan kurikulum;
pelaksanaan kurikulum;
c. mengelola
pemenuhan Standar Nasional Pendidikan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum;
dan
pemenuhan Standar Nasional Pendidikan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum;
dan
d.
menyelesaikan hambatan-hambatan pengelolaan pelaksanaan Kurikulum 2013.
menyelesaikan hambatan-hambatan pengelolaan pelaksanaan Kurikulum 2013.
Prinsip-prinsip
pendampingan
pendampingan
Pendampingan
pelaksanaan kurikulum diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota dengan
prinsip-prinsip berikut:
pelaksanaan kurikulum diberikan oleh Instruktur Kabupaten/Kota dengan
prinsip-prinsip berikut:
- Profesional,
yaitu instruktur memiliki kompetensi (penguasaan mengenai pelaksanaan
kurikulum) yang memadai dan memberikan pendampingan dengan baik; - Berdasarkan
kebutuhan, yaitu aspek-aspek pendampingan adalah butirbutir yang guru atau
kepala sekolah secara riil perlu memperoleh asistensi praktis; - Integral,
yaitu aspek-aspek dan aktivitas pendampingan memfasilitasi guru dan kepala
sekolah mengimplementasikan K13 secara utuh; - Kolegial,
yaitu hubungan kesejawatan antara instruktur, guru, dan kepala sekolah; dan - Berkelanjutan,
yaitu bahwa pendampingan pelaksanaan kurikulum dilanjutkan oleh sekolah sendiri
melalui mekanisme yang dikembangkannya.
Pelaksanaan
Pendampingan
Pendampingan
Alur
pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2017
pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2017
Sebagaimana
disebutkan di depan, pendampingan pelaksanaan kurikulum adalah pemberian
bantuan teknis operasional perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan
kurikulum kepada sekolah, terutama guru dan kepala sekolah dengan Instruktur
Kabupaten/Kota datang langsung ke sekolah. Bantuan teknis operasional ini
diberikan pada bagian akhir dari serangkaian kegiatan fasilitasi pelaksanaan
kurikulum oleh pemerintah. Pendampingan diberikan setelah sekolah sasaran
memperoleh bimbingan teknis kurikulum dan (mulai) melaksanakannya.
disebutkan di depan, pendampingan pelaksanaan kurikulum adalah pemberian
bantuan teknis operasional perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan
kurikulum kepada sekolah, terutama guru dan kepala sekolah dengan Instruktur
Kabupaten/Kota datang langsung ke sekolah. Bantuan teknis operasional ini
diberikan pada bagian akhir dari serangkaian kegiatan fasilitasi pelaksanaan
kurikulum oleh pemerintah. Pendampingan diberikan setelah sekolah sasaran
memperoleh bimbingan teknis kurikulum dan (mulai) melaksanakannya.
Selengkapnya tentang Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 silahkan download Pedoman Bimtek dan Mekanisme Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Disini