in

Peduli Lansia, Srikandi PLN Ajarkan Pola Hidup Sehat dan Bentuk Kelompok Budi Daya Jamur

Salah satu komitmen PLN yaitu mendorong pemberdayaan perempuan dalam pengarusutamaan gender melalui tiga karakter Srikandi yang dibentuk, yakni anggun, cerdas dan tangguh. Srikandi PLN merupakan turunan dari program Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai komunitas perempuan yang selalu aktif mendukung berbagai kegiatan dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran sebagai ibu, istri dan pekerja.

Melalui program ini Srikandi PLN menjadi volunteer dan menjalankan peran dalam menjawab permasalahan di lingkungan masyarakat khususnya kelompok rentan. Hal tersebut menunjukkan peran aktif perusahaan dalam melakukan pemberdayaan perempuan sehingga dapat terbentuk character building pada setiap Srikandi.

Pada kesempatan ini, PLN hadir dalam peningkatan kesehatan dan ekonomi masyarakat lansia melalui penyerahan bantuan sarana alat kesehatan kepada Kelompok Lansia Kelurahan Air Putih. Alat-alat kesehatan meliputi tensi meter digital, alat pengecekan gula darah, kolesterol & asam urat.

Agenda ini diinisiasi oleh Srikandi PLN di lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (PLN UIP SBT) bekerja sama dengan Eka Hospital Pekanbaru untuk melaksanakan seminar kesehatan Pola Hidup Sehat Bagi Usia Emas dan pengecekan kesehatan masyarakat lansia agar tepat sasaran.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan budi daya dan pembagian baglog jamur tiram. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan & ekonomi masyarakat lansia melalui budidaya jamur tiram. Kedepannya kelompok lansia tersebut dapat menjadi mitra bagi UMKM binaan terkait, yaitu Jamur Betuah dalam hal penyediaan jamur tiram segar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap pemberdayaan kelompok masyarakat lansia.

Turut hadir Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP SBT, Hendra Suteni, Camat, Kepala Desa, serta Ketua RT dan RW setempat.

Dalam sambutannya, Hendra menyampaikan pada momentum hari volunteer sedunia PLN UIP SBT ingin membuat gebrakan yang kiranya dapat dirasakan manfaatnya secara lintas generasi. Interaksi antara Volunteer & Srikandi PLN dengan kelompok lansia mulai dari kegiatan pengecekan kesehatan, pembagian bantuan sarana alat kesehatan, membuat olahan dari jamur tiram kiranya dapat mengobati kerinduan kepada keluarga, baik Volunteer & Srikandi PLN serta kelompok masyarakat lansia yang sedang jauh dari keluarga.

What do you think?

Written by virgo

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Sabet Juara di Acara Adia internasional Festival 2023

Keterangan Pers Presiden sebelum Keberangkatan ke Nusa Tenggara Timur, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Provinsi DKI Jakarta, 4 Desember 2023