in

Pelabuhan Batuampar Telah Dilirik Investor Asing

Pelabuhan Batu ampar telah dilirik pengusaha Asing, terdapat 3 investor asing yang tertarik akan mengembangkan pelabuhan Batuampar yang sedang digesa Badan Pengusahaan (BP) Batam menjadi tiga kali lipat lebih besar dari kapasitasnya saat ini.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, di Batam, Senin, mengatakan meski ada tiga perusahaan asing yang ingin mengembangkan Batuampar, namun berdasarkan ketentuan pengelolaan tetap harus dilakukan perusahaan dalam negeri. “Kalau pun mereka (investor asing) berminat harus melakukan konsorsium,” katanya.

Lukita melanjutkan dalam Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal, disebutkan investor asing dalam pengelolaan pelabuhan nantinya hanya memiliki aset 49 persen dan sisanya 51 persen dimiliki perusahaan dalam negeri.

Saat ini kata Lukita pelabuhan Batuampar memiliki kapasitas 400 twenty-foot equivalent units (TEUs) dan masih bisa dilakukan pengembangan satu hingga dua juta TEUs. Jumlah itu menurutnya masih layak dan mampu menampung serta melayani aktivitas bongkar muat.

BP Batam lanjutnya siap untuk bekerjasama dengan semua pihak yang mempunyai visi untuk memajukan dan menguatkan sektor maritim nasional.

Baca Juga : CAR FREE NIGHT SUKSES DIGELAR BP BATAM

Karena itu pula pihaknya belum memikirkan untuk melakukan pembangunan pelabuhan Tanjungsauh. Lukita mengatakan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menyampaikan proposal ke pihaknya guna melakukan pengembangan pelabuhan Batuampar, namun pihaknya masih mencari yang terbaik untuk pengembangan tersebut.

Sebelumnya Lukita mengatakan ada beberapa kendala yang dapat menghambat pengembangan pelabuhan Batuampar salah satunya dangkalnya air laut yang akan menghambat kapal besar untuk bersandar.

Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan BP Batam Yusmar Anggadinata menambahkan, saat ini pihaknya masih dalam tahap mempersiapkan proses dan persyaratan untuk membangun kerjasama dengan para pihak yang kompeten dalam pengelolaan Pelabuhan Batuampar.

What do you think?

Written by Julliana Elora

EVERCOSS U60 MERK LOKAL 1 JUTAAN DENGAN DUAL KAMERA

Maskot dan Logo Untuk Kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri IV