in

Pelajaran dari Tuhan yang Tidak Terduga Bagi Hidup Kita

Tuhan tidak akan pernah membiarkan hamba-hambanya berlarut dalam kesusahan maupun kesedihan. Tuhan juga tidak akan pernah memberikan sesuatu baik kebahagiaan maupun cobaan kepada hamba-hambaNya tanpa maksud tertentu dibalik itu semua. Kembali lagi kepada kita sebagai manusia bagaimana menyikapi setiap pemberian Tuhan kepada kita, apakah dengan diberi kebahagaiaan kita tetap akan bersandar kepada Tuhan atau malah melupakan dan jauh dari Nya.

Inilah yang dimaksud sebagai kebahagiaan juga merupakan cobaan hidup. Manusia terkadang melupakan usaha yang telah ia lakukan, bagaimana ia memohon kepada Tuhan akan apa yang menjadi keinginannya tetapi saatkita telah mendapat kebahagiaan itu kita malah menjauh dan melupakan Tuhan yang menitipkan kebahagian fana itu kepada kita. Inilah yang seharusnya patut untuk disesali dan menjadi bahan introspeksi kita semua. Sebaliknya, Tuhan juga tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya melebihi batas kemampuan hambanya tesebut. Pada hakikatnya bahwa setiap cobaan ini memiliki maksud tertentu yang Tuhan siapkan bagi kita tanpa kita mengetahui maksud baik dibalik semua rencana Tuhan ini.

Kembali lagi bahwa kita harus selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu yang terjadi pada kita, karena pasti ada hikmah baik dibalik itu semua.

Tetapi bagaimanapun manusia berusaha untuk lebih baik, manusia hanyalah seorang mahluk yang tidak luput dari kesalahan dan dosa yang sering diperbuat. Pasti kita sendiri juga pernah melalaikan perintah Tuhan dan jauh darinya. Dari sinilah titik balik itu terjadi ketika kita mendapa teguran dari Nya kita baru tersadar akan kesalahan dan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Namun sebaik-baik manusia adalah yang mampu memperbaiki diri dan tak mengulangi hal yang sama.

Sebagai mahluk yang diberi akal dan pikiran oleh Tuhan sudah sepantasnya kita memanfaatkan pemberian Tuhan ini dengan baik yakni untuk membuka pemikiran bahwa pemberian Tuhan yang sementara di dunia ini memiliki maksud tertentu dan pelajaran berharga dibalik semuanya. Bahkan kebahagiaan yang kita rasa sangat berharga dan kita harap-harapkan kedatangannya dapat menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Kita tak pernah tahu rencana Tuhan ang bagaimana lagi yang Tuhan siapkan untuk kita lewati.

Baca Juga: Terima Kasih. Sebuah Kata yang Dapat Merubah Hidupmu dan Orang Lain

Berbagai pilihan telah Tuhan sediakan bagi kita, sekarang tinggal bagaimana kita sebagai mahluk yang diberikan akal pikiran untuk dapat memilih mana yang terbaik bagi kita. Dan jangan pula sampai kecewa jika kebahagiaan tersebut hilang.

Segala sesuatu yang telah Tuhan titipkan pada kita hendaknya harus kita jaga dengan baik agar kita tidak merasakan kekecewaan di akhir dari kisahnya. Terkadang manusia merasa sepele dalam menjaga dan merawat sesuatu yang dia miliki, namun ketika tiba saatnya Tuhan mengambil kembali apa yang ia titipkan kepada kita baru kita merasakan kehilangan yang amat sangat. Dari semuanya baru kita merasakan arti kehadiran mereka semua dalam hidup kita yang sementara ini.

Pesan akhir dari semuanya adalah kita sebagai manusia biasa harus senantiasa bersyukur memperbaiki diri dan menjaga apa yang telah menjadi pilihan kita agar tak menyesal di akhir kisah dari semuanya.

What do you think?

Written by virgo

Selalu Mendukung Sifat Positif Pasangan Tanda Hubungan yang Sehat

Pengunjung Sidang Ahok Terima SMS dari Malaikat