in

Pelayanan Publik Terus Dievaluasi, Yanlik Sijunjung Dikukuhkan

Sejak dikukuhkan 2 Agustus 2022, Tim Pelayanan Publik (Yanlik) Kabupaten Sijunjung melakukan monitoring dan evaluasi secara maraton. Hasil kajian pada akhirnya disampaikan kepada kepala daerah untuk dapat disikapi lebih lanjut.

Sasaran kunjungan meliputi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sijunjung. Terutama OPD yang secara tupoksi berorientasi memberikan pelayanan terhadap masyarakat, dan memiliki peranan strategis untuk kepentingan publik. Hingga pemerintahan nagari sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Tidak terkecuali pula di antaranya sejumlah UPTD sebagai perpanjangan tangan dinas/instansi di tingkat kecamatan. Juga ikut dimonitor guna memastikan kelansungan proses kinerja sesuai tupoksi masing-masing.

Senin (24/10) Tim Yanlik Sijunjung melakukan monitoring ke Kantor Camat Koto VII, Puskesmas Tanjungampalu dan Nagari Limokoto. Ketiga kantor tersebut tengah berbenah dan siap berkompetisi dalam pelayanan publik November – Desember mendatang.

Ketua Tim Pelayanan Publik (Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius didampingi Sekretaris, Fajar Sefyrian dan anggota Khairudin menyebutkan, kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan publik sengaja dilakukan secara kontinu guna memperkuat visi misi pemerintah daerah.  Hingga sejak Yanlik resmi dikukuhkan oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa, Agustus lalu hampir tidak ada istirahat ke lapangan.

Dikatakan Saptarius, tujuan monitoring dan evaluasi juga untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan sarana-prasarana dan fasilitasi pelayanan publik pada SKPD terkait, sebagaimana diatur peraturan perundang-undangan. Kemudian memastikan apakah proses layanan publik betul-betul telah terealisasi sebagaimana mestinya.

Alhasil, setelah melaksanakan monitoring, hasil evaluasi menunjukan masih ada kinerja sejumlah OPD yang belum memuaskan, dan terdapat kekurangan dan kelemahan di sana sini. Baik secara administrasi maupun secara proses layanan terhadap masyarakat, ada yang dikeluhkan maayarakat.

“Monitoring ini bertujuan untuk memantau,  sejauhmana wujud pelayanan publik yang berkualitas serta dapat memenuhi kepatuhan tinggi (zona hijau) terkait dengan standar pelayanan publik di lingkungan Pemkab Sijunjung,” ujar Saptatius

Dalam tiap monitoring, tim Yanlik turut didampingi pejabat Bagian Organisasi Pemkab Sijunjung. Tim Yanlik melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Sijunjung dengan melaksanakan pemantauan, evaluasi, pembinaan, pengawasan, dan asistensi. Kemudian bermuara pada pemberian rekomendasi pada kepala daerah. (atn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sijunjung 10 Besar Keterbukaan Informasi Publik

14 Ranperda Jadi Agenda Propemperda