in

Pemerintah Gelontorkan Bantuan untuk Maluku

JAKARTA. – Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 berkomitmen memberikan bantuan yang dapat dinikmati masyarakat Provinsi Maluku, selaku tuan rumah penyelenggara HPN. Sejumlah program dan paket bantuan siap digelontorkan kementerian-kementerian dalam puncak acara HPN 2017 tersebut.

“HPN 2017 merupakan momentum kebangkitan dan kejayaan Maluku. Pers ikut di dalamnya untuk akselerasi pembangunan Maluku,” kata penanggung jawab HPN 2017, Margiono, di Jakarta, Jumat (3/2).

Menurut Margiono, ada beberapa program dan bantuan dari pemerintah pusat yang akan digelontorkan ke masyarakat Maluku. Program tersebut mulai dari peningkatan sumber daya manusia, penyediaan transportasi yang layak dan mencukupi serta pembinaan pelayaran rakyat.

Pada puncak HPN 2017, tambah Margiono, Kementerian Perhubungan akan menyerahkan bus dan kapal ke masyarakat Maluku. Bus dengan kapasitas 48 seats sebanyak 16 unit dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, ini akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo. Bantuan kedua adalah dua kapal penyeberangan ASDP yang sudah siap beroperasi.

Pendidikan Vokasi

Bantuan ketiga akan menjadi ikon bagi Provinsi Maluku, yaitu pendidikan vokasi untuk meningkatkan sumber daya manusia. “Kemenhub meminta Pemprov Maluku menyediakan seribu pemuda untuk dilatih di sekolah vokasi kelautan. Sekolah ini akan dilakukan di atas kapal-kapal pelayaran milik PT Pelni. Kemenhub bekerja sama dengan Universitas Pattimura Ambon menyediakan seribu peserta pendidikan vokasi,” ujar Margiono.

Bantuan keempat, tambah Margiono, pembinaan pelayaran rakyat berupa pemberian life jacket dan bantuan subsidi ke pengusaha-pengusaha kapal di Maluku. Sumbangsih terakhir dari Menhub adalah aktualisasi tol laut dan tol logistik laut.

Tidak hanya Kemenhub, Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral akan membantu “Lampu Matahari” bagi warga Maluku yang rumahnya belum mendapatkan aliran listrik dari PLN. Sementara itu, Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional akan menyerahkan sertifikat kepada rakyat Maluku.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya akan menyerahkan sertifikat hutan kemasyarakatan dan hutan desa. Rinciannya, hutan kemasyarakatan seluas 1.300 hektare dan hutan desa seluas 1.800 hektare. Kementerian Sosial menyiapkan paket sembako bagi rakyat Maluku.

Dalam HPN kali ini, masyarakat Maluku akan menjadi saksi dari peluncuran logo verifikasi media massa dari Dewan Pers. “Kick off verifikasi media massa akan diumumkan di hadapan Presiden Jokowi oleh Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo,” ujar Margiono.

Dewan Pers sejauh ini sudah memverifikasi media massa, baik cetak, televisi, dan online. “Bagi media yang lulus persyaratan yang sudah ditetapkan, Dewan Pers memberikan stempel dan logo tanda lolos verifikasi. Untuk televisi ada logonya sedangkan untuk radio berupa jinggle,” ujar Margiono.

Yang baru dalam HPN kali ini adalah panitia mempersembahkan penghargaan kepeloporan di bidang media kepada sejumlah media dan insan media terpilih dalam acara puncak HPN. “Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi dan pengakuan komponen pers nasional kepada kiprah media pers nasional dan insannya selama ini,” ujar Margiono. eko/N-3

What do you think?

Written by virgo

IPSI OKU Selatan Akan Dilantik

KPK Periksa Dua Politisi Golkar