in

Pemerintah Kota Bantu Uang Tunai bagi Nelayan Kota Padang

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memberikan bantuan uang tunai untuk 1.450 nelayan Bantuan dari pemerintah itu merupakan kompensasi atas kenaikan BBM.

“Nelayan kita termasuk kena dampak atas kenaikan BBM jenis solar. Jadi subsidi ini untuk nelayan payang, nelayan jaring, dan nelayan pancing,” kata Kadis Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi  saat konferensi pers di ruang media center Diskominfo Kota Padang, Selasa (13/9).

“Dana bantuan ini berasal dari Belanja Tak Terduga (BTT) yang akan secepatnya dilaksanakan, mengingat pentingnya bantuan ini diberikan untuk nelayan-nelayan kecil yang ada di Kota Padang,” tuturnya.

Sebelumnya nelayan yang akan menerima sudah selesai dilakukan pendataannya. “Penjelasan dari Wali Kota Padang, bantuan ini akan dilakukan untuk sekali saja dulu. Kita belum tahu apakah nanti akan ada tambahan untuk bulan selanjutnya atau tidak,” tuturnya lagi.

Untuk mencairkan bantuan tersebut, ia mengatakan nelayan harus masuk ke dalam kelompok nelayan yang ada.

“Jadi, untuk nelayan kecil ini ketika membeli BBM maka akan diganti uangnya dengan bantuan tersebut,” katanya.

Selanjutnya, ketika ditanya soal besaran biaya yang akan didapatkan oleh per orang dari nelayan tersebut adalah sebesar Rp450 ribu per orang.

Salah seorang nelayan yang tergabung kelompok nelayan Purus Mandiri, Rafki mengatakan jika memang subsidi ini akan dicairkan, maka pemerintah harus secepatnya.

“Harga bahan bakar naik, tentu kami semakin susah. Hasil tangkapan sebulan ini juga susah, makan saja susah,” keluhnya.

Rafki mengatakan modal yang dikeluarkan untuk bahan bakar pergi melaut saja sangat besar. Sementara itu harga ikan di pasaran jarang alami kenaikan.

“Sebelum solat naik, modal kami membeli satu jerigen berisi 35 liter sekitar Rp600 ribu. Bahan bakar naik, modal semakin besar, sementara harga ikan belum tentu naik,” katanya.

Zulfikar, nelayan lainnya, mengatakan ia sangat setuju apabila pemerintah memang menganggarkan biaya subsidi BBM.

“Kami sangat mendukung dan akan berharap bantuan ini tidak hanya cair sekali saja dan cair untuk bulan bulan berikutnya,” jelasnya. (cr5)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Telah Terbit 10 Ribu Lebih Sertifikat Halal Gratis, Deadline 17 September

Bjorka dan Keterbukaan Informasi Publik