in

Pemprov Dukung Percepat Perda Penyiaran & Hasiarnas 2023 Digelar di Sumbar

Usulan agar Hari Penyiaran Indonesia 2023 diadakan di Sumbar dan penerbitan Perda Penyiaran direspons positif Sekretaris Provinsi Sumbar Hansastri.

Respons terhadap usulan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar itu disampaikan Sekretaris Provinsi Sumatera Barat Hansastri pada audiensi koordinasi penguatan lembaga KPID Sumbar, Selasa (28/6/2022).

Audiensi dihadiri Ketua KPID Sumbar Dasrul, Wakil Ketua KPID Sumbar Eka Jumiati, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran Ficky Tri Sahputra serta anggota pengawasan isi siaran Robert Cenedy dan Baldi Permana, Koordinator Bidang Perizinan Trisno dan Koordinator Kelembagaan Edra Madri.

Sumatera Barat dinilai sudah menjalankan fungsi penyiaran secara baik sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002. Namun, ada beberapa hal yang tak bisa tercakup dalam undang-undang sehingga kewenangan ataupun kebebasan berkreativitas tidak dapat dilakukan secara penuh pada dunia penyiaran di ranah Minang.

“Untuk itu, KPID Sumbar berharap pemerintah agar segera merampungkan Perda Penyiaran Sumatera Barat sehingga lembaga penyiaran dapat lebih leluasa mengembangkan kreativitas dalam berkarya,” kata Dasrul.

Menanggapi itu Sekprov Sumatera Barat Hansastri sangat mendukung agar perda segera dirampungkan dan dapat menjadi semangat baru dalam dunia penyiaran Indonesia, khususnya di tanah Minang. “Saya harap KPID Sumbar dapat menyiapkan naskah perda secepatnya sehingga dapat ditilik kembali dan dirampungkan,” jelas mantan Kepala Bappeda Sumbar, itu.

Di samping itu, Dasrul juga meminta dukungan Sekprov agar Sumatera Barat dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Penyiaran Nasional 2023.

Dengan adanya pelaksanaan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) di Sumatera Barat, tentunya akan menjadi gairah bagi seluruh Lembaga Penyiaran dalam meningkatkan kreativitas dan semangat. Hal ini juga dapat membuka peluang bagi lembaga penyiaran dalam muatan konten lokal.

Kesiapan Sumatera Barat akan pelaksanaan menjadi tuan rumah mendapatkan respons baik dari seluruh stakeholder terkait. Salah satunya Sekretaris Provinsi Sumatera Barat Hansastri yang menyatakan siap memberi dukungan dalam pelaksanaan Hasiarnas di Sumatera Barat.

“Pemerintah provinsi siap memberikan dukungan untuk kegiatan Harsiarnas 2023 di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Hansastri juga berharap jika Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah Hasiarnas, seluruh stakeholder terkait mampu berkerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, maka juga berdampak pada perekonomian dan pariwisata Sumatera Barat. Apalagi ratusan orang dari Komisi Penyiaran pusat dan daerah serta instansi terkait dari setiap provinsi di Indonesia bakal hadir. (rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua DPW-PAN Malut : H.Safi Pauwah Adalah Solusi Untuk Merebut Kembali Tampuk Kepemimpinan di Sula

Sinergi 4 BUMN, Perbaikan Sarana Prasarana KA Sawahlunto-Muaro Kalaban