in

Pencuri di Rumah Mantan Rektor Unsam Dicokok

Jumat, 25 Agustus 2017 15:10 WIB

* Pelaku Pernah Tinggal di Rumah Sasaran

LANGSA – Aparat berwajib Sat Reskrim Polres Langsa berhasil mengungkap dan menangkap pemuda AZ (32), sebagai tersangka pelaku pencurian barang-barang berharga di rumah mantan Rektor Unsam Langsa, Bachtiar Harun, di Gampong Paya Bujok Tunong, Kecamatan Langsa Baro.

Belakangan terungkap jika AZ pernah tinggal lama di rumah itu sebagai pembantu. Kapolres Langsa, AKBP Satya Yudha Prakasa SIK, melalui Kasat Reskrim Polres Langsa, AKP M Taufiq SIK, Kamis (24/8) mengatakan, tersangka AZ juga warga Payabujok Tunong, ditangkap pada Rabu (23/8) di rumahnya, tanpa perlawanan.

Menurut Kasat Reskrim, sebelumnya, usai mendapat laporan dari korban tentang pencurian yang terjadi, Senin (21/8) dini hari, Polisi langsung melakukan penyelidikan. Aksi gerak cepat itu berhasil mengungkap pelaku pencurian barang berharga milik mantan Rektor Unsam ini.

Bersama tersangka Polisi menyita barang bukti (BB) milik korban berupa jam tangan warna kuning, 2 buah liontin kalung pintu Aceh ukuran besar dan kecil, 1 buah gelang emas Arab, 5 cincin emas bermata batu dan mutiara, 1 kalung emas liontin putih, 1 liontin batu permata, dan uang Rp 38 juta hasil penjualan cincin korban.

Kepada petugas tersangka AZ, mengaku masuk ke rumah Rektor Unsam ini dengan cara memantau situasi rumah terlebih dahulu, dan setelah memastikan rumah tersebut dalam keadaan sepi, pelaku pun masuk ke dalam rumah melalui jendela samping rumah korban.

Kemudian setelah itu pelaku langsung masuk ke dalam kamar utama korban yang waktu itu sedang kosong, karena korban tidur di kamar belakang, lalu tersangka AZ langsung menjarah barang-barang berharga milik korban. “Saat ini pelaku AZ dan barang bukti barang-barang berharga miik korban telah diamankan di Mapolres Langsa, untuk proses penyidikan lebih lanjut,” ujar AKP M Taufiq.

Sementara itu informasi dihimpun, tersangka AZ itu baru berapa bulan saja tidak lagi tinggal di rumah mantan Rektor Unsam Langsa Bachtiar Harun. Selama bertahun -tahun lalu AZ tinggl di rumah majikannya itu dan korban pun sudah menganggap AZ seperti anaknya sendiri.

Sehingga korban tidak menyangka, ternyata yang nekat mencuri di rumahnya itu AZ yang tak lain anak asuhnya selama ini. Tarsangka begitu mudah masuk ke rumah korban karena sudah mengetahui dimana disimpan barang-barang berharga milik korban.

Menurut Ny Sri, istri mantan Rektor Unsam Langsa itu, malam kejadian itu Ny Sri dan suaminya Bachtiar Harun karena sakit, tidur di kamar bagian belkang, termasuk anaknya dan seorang keponakanya. 

AZ masuk lewat jendela samping dipekrirakan pukul 03.00 WIB Senin (21/8) itu, lalu dia langsung menuju kamar utama korban untuk mengambil barang-barang berharga milik korban yang tersimpan di dalam lemari kamar tersebut. “Saat dia masih tinggal di sini, AZ sudah berapa kali masuk kamar karena ada yang diperbaiki. Dia baru dua bulan terakhir tak tinggal di sini, sebelumnya dia sudah lama tinggal di sini dan sudah seperti keluarga sendiri,” ujar Ny Sri.(zb)

What do you think?

Written by virgo

Tabrak Innova Pengendara Supra X Mawot

Polri gagalkan penyelundupan 15 ton garam ilegal