in

Pengusaha Mebel: Kelangkaan Kontainer Hambat Aktivitas Ekspor

JAKARTA – Dunia usaha mengeluhkan kelangkaan kontainer dan keterbatasan ruang di kapal. Dari sejumlah kontainer yang dibutuhkan para pelaku usaha, rata-rata hanya 25 perern saja yang dapat dipenuhi dan bahkan jika kurang beruntung tidak mendapatkan kontainer sama sekali.

Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobur menyebut dari yang dikeluhkan eksportir bahwa dari 10 – 15 kontainer per minggu yang dibutuhkan, hanya 5 – 6 kontainer saja yang tersedia padahal jumlah yang dibutuhkan tersebut terbilang sedikit. Lalu bagaimana dengan eksportir besar yang membutuhkan kontainer dengan jumlahnya lebih banyak lagi.

“Dari kebutuhan 100 kontainer per minggu hanya bisa mendapatkan  25-50 kontainer saja,”ungkapnya dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu (2/12).

Sobur menjelaskan, apabila kondisi tersebut terus berlanjut maka ujung-ujungnya mereka gagal ekspor dan yang lebih menyedihkan lagi eksportir terkena wanprestasi dan kena pinalti karena tidak bisa memenuhi kontrak sesuai jadwal.

Selain itu, keterbatasan space di kapal dan bahkan tidak adanya kapal menyebabkan eksportir terkena demurrage dan diantara mereka terpaksa batal ekspor dan membongkar kembali kontainernya.

Penyebab dari kelangkaan kontainer antara lain disebabkan oleh turunnya operasional di transshipment port yang belakangan ini hanya 50 persen. Selain itu shortage container juga akibat menurunya volume impor menjadikan berkurangnya kontainer yang masuk ke Indonesia. Kelangkaan kontainer ini hampir terjadi di semua pelabuhan, termasuk pelabuhan Medan dan Tanjung Emas, terutama untuk tujuan ekspor ke Asia.

Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) DKI Jakarta, Irwandi MA Rajabasa menyebut kenaikan harga kontainer untuk Intra-Asia kenaikan atau General Rate Increase (GRI) sebesar 150 dollar AS per 20DC dan 2.000 dollar AS per40”per 4HDC yang efektif berlaku pada 1 Desember 2020.

Kontainer untuk ke Eropa naik menjadi  6.800 dollar AS atau naik sebesar 2.509 dari harga sebelumnya. Untuk ke Amerika Serikat saat ini harga kontainer berada di kisaran 8.000 dollar AS per 40.

Masalah kelangkaan dan naiknya harga kontainer dipastikan akan berdampak signifikan terhadap pengurangan jam operasional industri yang pada akhirnya berpengaruh pada pengurangan atau merumahkan tenaga kerja hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).ers/E-10

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua DPD Kutuk Pembantaian Sekeluarga di Sigi Sulteng

KAI Madiun Operasikan 4 KA saat Libur Nataru