in

Pentingnya Parenting Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Anak

Dewi Fitri, S.Pd
Guru SMPN 10

Allah menciptakan manusia untuk menyembah dan beribadah kepadanya baik itu ibadah mahdlah yang berhubungan langsung dengan Allah, ataupun ibadah ghairu mahdlah yang berhubungan dengan manusia tapi diniatkan sebagai ibadah sosial.

Semua yang dilakukan itu adalah atas dasar kewajiban sebagai makhluk yang diberikan tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi ini. Anak sebagai sumber kebahagian dan penyejuk hati, anak adalah amanah terbesar yang Allah berikan kepada setiap orang tua di dunia.

Karenanya, anak adalah tanggung jawab orang tua. Masa depan anak sebagiannya bergantung pada pola asuh dan pendidikan yang diberikan orang tua. Anak adalah titipan Allah, sebagai titipan maka bagi orang tua yang dititipi agar merawat titipannya dengan baik, dengan merawat mengasuh dan memberikan segala sesuatu yang membuat titipan tetap terawat dan sesuai dengan harapan penitip kepada yang ditipi.

Sebagai makhluk yang paling sempurna manusia dipilih oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi ini. Permasalahan pendidikan saat ini sangatlah kompleks mulai dari masalah proses sampai dengan penerapan dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Guru berperan sangat penting khususnya guru SMP, yang mana usia anak sekolah menengah pertama adalah usia yang sangat labil dan perlunya pendampingan dari orang tua dan guru dalam menghadapi masa transisi dari anak-anak menuju usia remaja.

Pendidikan tidak terlepas dari problematika kehidupan peserta didik dari latar belakang yang berbeda, sehingga akan muncul pola perilaku dan permasalahan dalam pribadi peserta didik, tugas guru bagaimana supaya permasalahan ini tidak membuat peserta didik menjadi tidak mampu mengembangkan potensi yang dimiliki akibat permasalahan yang dihadapi.

Mencari solusi dan menggali penyebab dari permasalahan yang dialami peserta didik, seorang guru harus mampu memberi pendampingan dan pelayanan untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami peserta didik.

Strategi penting adalah keterlibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan mendukung dalam penyelenggaraan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Keterlibatan pendidikan dalam keluarga kerjasama sangat dibutuhkan yang baik antara orangtua dan sekolah, hubungan yang saling mendukung antara penyelenggara pendidikan, keluarga dan masyarakat. Karena sangat pentingnya peran orangtua dalam pendidikan,

Parenting bisa dengan pendidikan karena parenting adalah cara orangtua mendidik atau pola asuh orangtua terhadap anaknya, sehingga ini akan berimflikasi pada proses pembelajaran di sekolah. Pola asuh dapat diartikan sebagai gaya pengasuhan.

Pola hubungan interaksi antara orangtua dan anak dalam mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, intelektual dan spiritual sejak anak dalam kandungan hingga dewasa, komponen kunci dari parenting yakni, memenuhi kebutuhan fisik, sosial dan emosionalnya anak, menekankan peraturan aturan dan memastikan bahwa mereka diberikan bimbingan dan kenyamanan, memberikan dukungan dan fasilitas untuk mengembangkan potensinya.

Kondisi dilapangan yang sering kita temui banyaknya anak yang suka berkata kasar ternyata dilatar belakangi oleh orang tuanya yang suka berkata kasar, anak yang suka memukul atau berkelahi ternyata juga dilator belakangi oleh orang tuanya yang jug suka memukul dia. Jadi dapat disimpulkan bahwa prilaku seoranga anak adalah cerminan orang tuanya.

Jika melihat begitu pentingnya peran orang tua dalam pembentukan karakter seorang anak, maka tidak heran jika pada saat ini sulitnya kita menerapkan indicator-indikator pendidikan karakter tersebut di lingkungan sekolah. Karena pada saat ini masih kurangnya keasadaran orang tua dalam mendalami ilmu parenting.

Sehingga banyak orang tua yang hanya bisa menuntut anaknya memiliki karakter yang baik tanpa adanya teladan langsung dari mereka sendiri. Semoga kedepanya kita sebagai orang tua lebih memahami tentang apa kewajiban kita terhadap anak yang sudah di amanahkan oleh Allah SWT.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Euforia Tinggi Suporter di Fantastic Four Honda DBL with KFC 2022

Bappeda Dukung Semen Padang-Dishut Sumbar Genjot Penanaman Pohon Kaliandra