in

Penumpang di Bandara SMB II Palembang meningkat 29 persen

Sumatera Selatan (ANTARA) – Jumlah penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, secara fluktuatif meningkat selama bulan Desember bertepatan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Eksekutif General Manager Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang Tommy Ariesdianto di Palembang, Sabtu mengatakan peningkatan penumpang tercatat mencapai 29 persen atau sekitar 6.000 orang per harinya. 

“Penumpang secara fluktuatif meningkat dengan rata-rata perharinya selama Desember ini sebanyak 29 persen. Meski demikian peningkatannya tidak terlalu signifikan,” kata dia.

Menurut dia, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari kedatangan dan keberangkatan yang mulai terpantau meningkat pada H-2 Natal dengan rata-rata 5.000-an penumpang atau sebanyak 47 pergerakan.

Namun ia memprakirakan jumlah penumpang tersebut bakal terus meningkat sampai dengan awal Januari 2022 yang mana merupakan puncak arus balik libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

Oleh karena itu otoritas keamanan bandara dengan petugas gabungan TNI/Polri tetap bersiaga untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan penumpang, termasuk dalam proses skrining COVID-19.

Pada 24 Desember – 2 Januari nanti penumpang wajib sudah vaksin duakali dosis dan antigen sebagai syarat penerbangan, semua di bawah pengawasan tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Sejauh ini berjalan tertib baik dari kedatangan dan keberangkatan diperiksa dan belum ada kasus konfirmasi positif. Mudah-mudahan akan terus begitu,” ujarnya.

Sementara itu, penumpang tujuan Jakarta Anissa Pohan (29) mengatakan, ia bersyukur pada tahun ini diberlakukan syarat demikian sehingga ia bisa merayakan Natal bersama keluarga di Palembang.

“Tahun lalu saya tidak bisa ke Palembang karena pembatasan. Sekarang ya bersyukur saya bisa Natalan bersama keluarga,” ujar Arsitek perusahaan swasta ini.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Raonic mundur dari Australian Open karena cedera tumit

Indonesia ke final Piala AFF 2020, libas Singapura 4-2