in

Penyakit cacar monyet dapat sebabkan komplikasi serius

Tangerang (ANTARA) – Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi Eka Hospital BSD dr. Ifael Y. Mauleti mengatakan penyakit cacar monyet dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia bahkan kematian.

“Sebelum menimbulkan gejala, cacar monyet biasanya mengalami masa inkubasi selama enam sampai 16 hari,” katanya dalam keterangannya di Eka Hospital BSD Tangerang, Rabu.

Ia menuturkan gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini adalah demam, nyeri, pembengkakan pada nodus limfa, juga ruam pada kulit.

Penyakit ini disebabkan oleh virus zoonosis dan dapat ditularkan kepada manusia melalui hewan. Awalnya ditemukan cacar ini antara manusia yang terkena kontak hewan seperti tikus atau hewan pengerat lainnya. Namun saat ini juga ditemukan penularan dari manusia ke manusia.

“Kita harus waspada dan menghindari kontak langsung dengan terduga pengidap virus tersebut karena penularannya bisa melalui udara atau pernapasan, percikan ludah, luka kulit, atau objek yang terkontaminasi cairan tubuh penderita penyakit cacar monyet,” ujarnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lirik lagu Nagabe Trio “Martangan Pudi”

Barongsai untuk kali pertama masuk sebagai cabor PON