in

Peringatan Dini Cuaca Wilayah Sumbar: Limapuluh Kota Waspada Banjir dan Longsor

PADEK.JAWAPOS.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang, di sejumlah wilayah Sumbar, Senin (25/12/2023).

Pada siang hari, hujan ringan-sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat, yaitu Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Padangpanjang, Tanahdatar,  Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

Pada malam hari, hujan sedang-lebat berpotensi terjadi di wilayah Limapuluh Kota, dan hujan ringan di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Payakumbuh, Agam, Padang, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

Kepala BMKG Kelas II BIM Sumbar Dessindra Deddy K mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem tersebut. “Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada malam hingga dini hari, khususnya di wilayah Limapuluh Kota dan sekitarnya,” kata Deddy di GWA BMKG dan Stakeholdes Sumbar.

Menurutnya cuaca ekstrem itu berpotensi memicu bencana banjir dan longsor di wilayah Limapuluh Kota pada malam dan dini hari.

Sementara itu pada Selasa (26/12/2023), BMKG memperkirakan sejumlah wilayah Sumbar didominasi oleh cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan-sedang.

Pada siang hari, hujan ringan-sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat, yaitu Pasaman Barat, Agam, Padangpariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan dan Solok.

Namun, pada malam hari hujan sedang-lebat berpotensi terjadi di wilayah Pesisir Selatan, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

“Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada malam hari di wilayah Pesisir Selatan, Dharmasraya, Solok Selatan,  dan sekitarnya,” imbau Deddy.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tol Bangkinang-Koto Kampar Sudah Dibuka, Kapan Lanjut ke Pangkalan Sumbar?

Kawasan “Mindopaspatra” Padang